Malam Puncak Selebrasi Earth Hour 2019 di Pontianak Berlangsung Semarak

2019 Batang Lilin 60+ Membentang di Halaman Kantor Gubernur Kalbar

Walikota sampaikan apresiasi dan sejumlah pesan

KalbarOnline, Pontianak – Malam puncak selebrasi gerakan Earth Hour di Kota Pontianak berlangsung semarak, yang kegiatannya dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (30/3/2019) malam.

Aksi kampanye global hemat energi yang diinisiasi oleh WWF yang mengusung tema #Connect2Earth ini ditandai dengan menyalakan lilin berbentuk konfigurasi 60+ tepat pada pukul 20.30 WIB yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia.

“Kegiatan hari ini mulai dari persiapan hingga malam puncak selebrasi berjalan lancar. Para tamu undangan baik Walikota Pontianak dan perwakilan Gubernur juga datang. Kegiatan ini juga diwarnai dengan pentas seni akustik, musikalisasi puisi dan musik sape’,” ujar Koordinator Earth Hour Pontianak, I Wayan Bayu Anggara saat diwawancarai awak media.

“Puncaknya kita membentuk konfigurasi 60+ yang berasal dari lilin bekas sembahyang cina yang kami daur ulang,” timpalnya.

Baca Juga :  Buka Pameran Pesparawi Nasional XII, Pj Gubernur: Saatnya Perkenalkan Produk Kalbar

Wayan menjelaskan, dipilihnya halaman Kantor Gubernur Kalbar sebagai lokasi malam puncak selebrasi ini merupakan cara pihaknya menunjukkan kepada dunia bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat turut mendukung aksi kampanye global hemat energi.

Meski perayaan Earth Hour tahun ke-8 di Pontianak ini, diakui Wayan terbilang sepi pengunjung, namun dirinya mengaku puas dengan suksesnya pelaksanaan malam puncak selebrasi gerakan Earth Hour ini.

“Pemilihan tepat ini merupakan cara kami menunjukkan kepada dunia bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar berkomitmen, berpartisipasi dan mendukung kampanye hemat energi ini. Sebenarnya Earth Hour ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu oleh masyarakat, hanya mungkin ini merupakan tempat baru dan berbenturan dengan event lain di Pontianak, sehingga terlihat kurang ramai partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menyalakan lilin konfigurasi di malam puncak selebrasi Earth Hour Pontianak 2019
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menyalakan lilin konfigurasi di malam puncak selebrasi Earth Hour Pontianak 2019 (Foto: Fat)

Sementara Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang turut hadir pada malam puncak selebrasi Earth Hour ini memberikan apresiasinya terhadap aksi kampanye global hemat energi ini.

Baca Juga :  Ateng Tanjaya Apresiasi Kepedulian dan Perhatian Pemkot Kepada Damkar

Edi juga berujar bahwa aksi kampanye global hemat energi ini sarat akan pesan moril kepada seluruh penduduk bumi khususnya masyarakat Kota Pontianak agar selalu menjaga kelestarian bumi.

“Kita sangat mendukung kegiatan Earth Hour ini. Kegiatan ini juga memberikan berisi pesan moril kepada seluruh penduduk bumi agar menjaga bumi tetap baik, hijau, sehat dan menjaga jangan sampai degradasi ini terlampau cepat karena kita tidak ramah lingkungan,” tukasnya.

Orang nomor wahid di Kota Khatulistiwa ini berpesan kepada masyarakat Pontianak agar mulai mengelola sampah yang diproduksi di rumah masing-masing untuk dipilah berdasarkan jenisnya serta tidak dibuang sembarangan agar terwujudnya Pontianak yang ramah lingkungan sekaligus tak mencemari lingkungan.

“Mulai sekarang, mari kita mengelola sampah yang diproduksi di rumah masing-masing, dipilah baik sampah organik dan anorganik, buang pada tempat yang sudah disediakan sehingga tidak mencemari lingkungan. Demikian juga air limbah harus diproses secara baik sehingga tidak mencemari permukaan air tanah,” tandasnya. (Fai)

Comment