Tegas! Bupati Muda Minta CPNS Melayani Hajat Hidup Masyarakat : Jangan Hanya ‘Sekadar-sekadar’

Jangan melankolis atau mengeluh minta pindah

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan meminta para CPNS Kubu Raya untuk komit bekerja mengabdikan diri kepada negara dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Muda saat memberikan arahannya pada penyerahan Surat Keputusan Bupati Kubu Raya tentang Pengangkatan CPNS Formasi tahun anggaran 2018 di aula Kantor Bupati Kubu Raya, beberapa waktu lalu.

Orang nomor wahid di Kabupaten termuda se-Kalbar ini menyatakan Kabupaten Kubu Raya ada karena perjuangan masyarakat yang menginginkan peningkatan kualitas hidup. Karena itu, dirinya mengingatkan para CPNS untuk mempunyai orientasi melayani dan fokus kepada kepentingan serta hajat hidup masyarakat.

“Benar-benar harus memahami bahwa rakyat wajib didahulukan. Bukan birokrasi yang lebih sibuk menghabiskan energi untuk mengurus sesama birokrasi. Tapi bikrorasi dan pegawai yang lebih paham bahwa keberadaannya adalah untuk membuka peluang-peluang bagi rakyat,” tegasnya.

Baca Juga :  Era Digital, Muda Mahendrawan : Jangan Tinggalkan Kearifan Lokal

Muda menegaskan pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga desa hadir semata-mata untuk membuka peluang-peluang kepada rakyat. Hal tersebut, menurut dia, penting untuk menjadi pondasi pemikiran para CPNS. Karena itu, dirinya meminta CPNS untuk mempelajari Kabupaten Kubu Raya lebih intens.

“Anda datang dari mana pun tidak masalah. Tapi harus tahu di mana kita mengabdi. Harus tahu isi Kubu Raya. Baik geografis maupun struktur masyarakatnya. Itu penting sebagai bekal,” tegasnya lagi.

Dirinya turut meminta para CPNS untuk mempunyai rasa memiliki terhadap Kabupaten Kubu Raya. Ia mengajak CPNS untuk berpikir dan bekerja dengan totalitas. CPNS juga diajak untuk berpikir progresif dan selalu ingin tahu kondisi faktual di masyarakat. Melalui hal itu, diharapkan akan terbangun kepedulian dan kepekaan.

Baca Juga :  Caleg Muda Hanura Inginkan Adanya Perubahan Lebih Baik di Kabupaten Kubu Raya

“Kalau ilmu administrasi, tata naskah dinas dan sebagainya itu bisa dipelajari. Tapi yang lebih penting dari pada itu kita punya rasa memiliki terhadap daerah ini, punya rasa bangga. Bekerja dan berpikir tidak hanya ‘sekadar-sekadar’. Kalau kita berbuat ‘sekadar-sekadar’, maka eksistensi kita juga akan dianggap ‘sekadar-sekadar’. Masyarakat kita pun juga akan jadi masyarakat yang ‘sekadar-sekadar’,” tegasnya memaparkan.

Secara khusus Muda mengingatkan CPNS untuk komit pada perjanjian yang sudah disepakati, yakni kesediaan para CPNS untuk ditempatkan di wilayah manapun di Kabupaten Kubu Raya. Ia meminta CPNS untuk fokus bekerja dan tidak banyak mengeluh. Karena itu, dirinya menyarankan CPNS untuk berusaha mencintai lingkungan dan masyarakat di tempat bertugas.

“Jangan banyak melankolis, belum apa-apa sudah mengeluh. Jangan larut dalam pikiran dan belum apa-apa sudah minta pindah. Di manapun kita ditugaskan, cintailah masyarakatnya. Sehingga Insya Allah tidak akan berat di manapun berada. CPNS jangan cengeng,” pungkasnya. (ian)

Comment