Ria Norsan Harap Pemkab Sintang Laksanakan Pembangunan Dengan Sasaran Tembak : Peningkatan IPM

KalbarOnline, Sintang – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan berharap Kabupaten Sintang untuk meningkatkan mutu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) guna mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif pada tahun 2020.

Pasalnya, kata dia, saat ini di Kalbar rata-rata IPM masih berada di angka 65,26 berdasarkan data tahun 2017.

“Kami Pemprov Kalbar meminta Kabupaten Sintang juga ikut bekerja keras untuk membuat dan melaksanakan kebijakan pembangunan yang mengarah pada peningkatan IPM dari semua dimensi, baik itu dimensi pendidikan, kesehatan maupun perekonomian,” pinta Norsan saat menghadiri Musrenbang RKPD Sintang tahun 2020.

Baca Juga :  Midji Siapkan Rp300 Juta Jika 80 Persen Warga Mega Timur Divaksin

Guna membantu Kabupaten Sintang dalam peningkatan IPM, khususnya pada dimensi pendidikan, mulai tahun ini Pemerintah Provinsi Kalbar akan menggratiskan pendidikan bagi SMA/SMK se-Kalbar.

“Pendidikan menengah gratis ini diharapkan dapat meningkatkan harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah di Kalbar. Selain itu juga skema peningkatan kualitas pendidikan juga akan dilakukan melalui pembangunan SMA dan SMK unggulan di setiap kabupaten/kota,” tuturnya.

Orang nomor dua di Bumi Tanjungpura ini berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mengejar ketertinggalan di sektor pendidikan, lantaran IPM yang masih rendah.

Baca Juga :  Sampaikan Ucapan Duka Cita atas Gugurnya Kru KRI Nanggala 402, Sutarmidji: Semoga Ada Mukjizat Allah

“Harus dipacu lagi sektor kesehatan, pendidikan dan infrastrukturnya,” pesannya.

Selain itu, untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana tertuang dalam misinya bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji, ia akan menargetkan pertumbuhan ekonomi Kalbar meningkat dari tahun sebelumnya.

“Kami akan menargetkan pertumbuhan ekonomi di Kalbar 5,35 persen, tingkat pengangguran terbuka menjadi 3,63 persen dan angka kemiskinan menjadi 6,43 persen serta jumlah desa mandiri pada tahun 2020 ditargetkan menjadi 159 desa,” katanya.

Turut hadir Bupati Sintang, Jarot Winarno yang sekaligus membuka Musrenbang RKPD Sintang 2020. Turut hadir pula Ketua DPRD Sintang, unsur forkopimda Sintang serta jajaran OPD Sintang.(*/Sg)

Comment