Yohanes Ontot Harap Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa Lahirkan Pemikiran Inovatif

Buka peningkatan kapasitas kelembagaan desa

KalbarOnline, Sanggau – Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Sanggau menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan desa yang dilangsungkan di aula Hotel Meldy, Selasa (26/3/2019) siang tadi.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si ini berlangsung selama 4 hari.

Turut hadir Kadis DPMPD Sanggau, Siron, S.Sos., M.Si serta jajaran, Badan Narkotika Nasional (BNN), Nobertus Junaedi Ijun dan para peserta.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dalam sambutannya mengatakan bahwa kunci pembangunan nasional terletak pada pembangunan di tingkat terkecil yakni desa tak terkecuali pembangunan di tingkat kabupaten.

Terlebih, kata dia, Sanggau merupakan kabupaten yang sangat luas, di Provinsi Kalimantan Barat ini ditambah dengan potensi sumber daya alam yang juga sangat besar dan luar biasa.

Baca Juga :  Buka RAT CU Lantang Tipo, Ini pesan Bupati Sanggau

“Saya ingin peserta yang hadir hari ini bangga membangun desanya. Sehingga pulang untuk membangun desanya. Saya begitu yakin, melalui ajang ini akan lahir pemikiran yang lebih inovatif, maka dalam kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan desa ini menjadikan program di desa tersinergikan dengan program pemerintah daerah,” tukasnya.

Sementara Kadis DPMPD Sanggau, Siron menuturkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan lembaga pemberdayaan masyarakat desa agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat lebih berdayaguna dan berhasil guna.

“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapakan peserta memiliki kemampuan memahami manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat, memahami kebijakan pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringatan Harkitnas, Bupati Paolus Hadi Tekankan Persatuan

“Kemudian memahami peran lembaga kemasyarakatan desa serta cara-cara membangun kerja sama, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, terampil memproses manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat,” tandasnya.

Pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan ini diikuti 45 peserta yang terdiri dari perangkat LPM, LAD dan KPMD yang berasal dari Kecamatan Desa Semongan, Kecamatan Noyan, Desa Marita, Kecamatan Parindu, Desa Sansat, Kecamatan Toba, Desa Cempedak, Kecamatan Tayan Hilir, Desa Sungai Tekam, Kecamatan Sekayam.

Kemudian Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Desa Mawang Muda, Kecamatan Beduai, Desa Layak Omang, Kecamatan Mukok, Desa Engkadai, Kecamatan Meliau, Desa Empodis, Kecamatan Bonti, Desa Kaetori, Kecamatan Jangkang, Desa Tae, Kecamatan Balai, Desa Kedakas, Kecamatan Tayan Hulu dan Desa Sebuduh, Kecamatan Kembayan serta Desa Lintang Pelaman, Kecamatan Kapuas. (WWP)

Comment