Kembalikan Kejayaan Beras Lokal, Distan Kubu Raya Ajak Masyarakat Galakkan Gotong Royong Bertani

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagraha saat diwawancarai awak media
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagraha saat diwawancarai awak media (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pertanian terus menggalakkan program pertanian guna menggalakkan kembali kejayaan program beras lokal Kubu Raya melalui even wisata padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagraha mengatakan, dengan dikembalikannya program beras lokal ini sudah barang tentu akan menumbuhkembangkan dan membangkitkan ekonomi lokal dan menggerakkan partisipasi masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan pertanian yang ada.

“Tentunya dengan adanya program beras lokal ini akan menumbuhkan kembali kemandirian pangan kita. Untuk itu saya berharap, program Bapak Bupati yang sangat baik ini mari kita sambut dan dukung dengan sangat antusias kepada seluruh Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di daerah ini, agar program beras lokal ini juga akan semakin menjadi bagian dari program unggulan di kabupaten ini,” ujar Gandhi Satyagraha saat diwawancarai usai panen padi rendengan di Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap, Sabtu (23/3/2019).

Guna mensukseskan program beras lokal ini, mantan Kepala Bappeda Kubu Raya ini mengharapkan masyarakat agar dapat menyiapkan lahan pertanian dan menggalakan gotong-royong terutama terhadap Gapoktan, mengingat Gapoktan merupakan kekuatan untuk keberhasilan program ini.

“Sebagaimana kita ketahui, untuk di Desa Parit Keladi ini terdapat 27 Kelompok Tani (Poktan) dan di sini merupakan sumber atau sentra dari produksi padi kita termasuk juga di Desa Pal 9, Desa Sungai Rengas dan Desa Sungai Itik dan diharapkan di desa-desa ini dapat mendukung program Pak Bupati untuk beras lokal Kubu Raya,” tandasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar