TNI-Polri Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2019 di Ketapang

Apel Kesiapan Pileg dan Pilpres 2019 di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Menghadapi Pemilu serentak 2019 yang akan berlangsung kurang dari sebulan, Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kodim 1203/Ketapang dan Polres Ketapang bersama seluruh komponen forkopimda dan organisasi masyarakat di Ketapang tampak semakin kompak.

Seluruh pemangku kebijakan di Ketapang ini mengikuti Apel Gelar Pasukan Mantap Brata, kesiapan pengamanan serentak dalam menghadapi Pemilu 2019.

Dalam apel ini, Wakil Bupati Ketapang, Drs. Suprapto didapuk menjadi inspektur upacara yang dilangsungkan di halaman kantor Bupati ketapang, Jumat (22/3/2019).

Amanat Menkopolhukam yang disampaikan Wakil Bupati Ketapang, menekankan tugas KPU, Bawaslu dan DKPP dapat menjalankan tugas yang objektif, transparan dan profesional sebagai wujud demokrasi di Indonesia.

Selain itu juga kesiapan pengamanan yang solid harus dapat terjalin dengan sinergitas TNI-Polri dan semua komponen masyarakat serta partai politik dapat menjaga rasa persaudaraan di Kabupaten Ketapang.

Baca Juga :  Koramil Nanga Tayap Kodim 1203 Gencarkan Sosialisasi Karhutla

“Tahun 2019 adalah pesta demokrasi yang menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak, yaitu 5 jenis pemilihan dalam waktu bersamaan, sukses tidaknya perhelatan ini tergantung dari semua pihak yaitu partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk patuh pada aturan yang ada dan pihak penyelenggara KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukan kinerja yang optimal,” tegas Suprapto membacakan amanat Menkopolhukam.

Selain itu, dalam menjaga pengamanan, TNI-Polri wajib mempedomani seluruh prosedur sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan terukur sesuai aturan dalam sinergitas.

Sementara Dandim 1203/Ketapang, Letkol Kav Jami’an mengingatkan kepada seluruh aparat dalam pengamanan Pemilu 2019 di Ketapang untuk memastikan pelaksanaannya berlangsung aman dan lancar

Baca Juga :  Hingga Oktober, Realisasi Penyerapan Anggaran Covid-19 Ketapang Baru 40 Persen

Khusus bagi prajurit TNI, ia meminta seluruh jajaran TNI harus menjaga netralitas TNI di manapun berada, serta berpedoman pada SOP sehingga semua tindakan terkontrol dan sesuai aturan yang berlaku.

“Utamakan keamanan, begitu juga dengan keamanan personil maupun material, pastikan semua bisa lengkap dari awal sampai akhir, khususnya dalam kita memastikan Pemilu berjalan aman, adil, jujur, agar Pemilu khususnya di kabupaten Ketapang dapat berlangsung aman dan sejuk,” tegas Dandim.

Hal senada turut disampaikan Kapolres Ketapang, AKBP Yury Hidayat. Ia menegaskan apa yang disampaikan dari amanat Menkopolhukam maupun yang disampaikan Dandim 1203/Ketapang harus dijadikan perhatian semua pihak.

Yury mengingatkan agar dalam menjalankan tugas tetap menjaga kesehatan.

“Saya hanya tambahkan saja, laksanakan tugas secara profesional, kita wajib jaga kondusifitas pemilu 2019,” tegasnya. (Adi LC)

Comment