KPU Sekadau Gelar Pleno Terbuka Penetapan DPTb-2 Pemilu 2019

KalbarOnline, Sekadau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilihan tambahan tahap 2 (DPTb-2) Pemilihan Umum tahun 2019 yang dilaksanakan di aula Hotel Multi, Jalan Merdeka Timur, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (19/3/2019) sore.

Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya untuk melindungi hak pilih masyarakat. Ia mengatakan, pleno penetapan DPTb-2 dimulai 19-20 Maret, baik itu tingkat Kabupaten, kota, provinsi hingga pusat.

“Apabila pemilih pindah memilih dalam 1 dapil, maka akan dapat 5 surat suara. Sebaliknya demikian, bila pemilih pindah memilih lain dapil maka tidak mendapatkan 5 surat suara,” kata dia.

Baca Juga :  Buka Bimtek SP4N LAPOR, Ini Pesan Plh Bupati Sekadau

Ia menambahkan, bila di atas tanggal 17 Maret masyarakat yang akan pindah memilih tak bisa lagi mendapatkan surat pindah memilih. Mengingat, batas waktu mengurus pindah memilih, yaitu 17 Maret.

Saban mengatakan, untuk DPTb (masuk) yang mengurus di daerah asal tersebar di 70 TPS dengan jumlah sebanyak 186 pemilih. Berdasarkan hasil pleno, untuk DPTb (masuk) yang mengurus di daerah tujuan tersebar di 94 TPS dengan jumlah 335 pemilih.

Baca Juga :  Amankan Pemilu 2019 di Sanggau, TNI-Polri Kerahkan Kekuatan

“Untuk DPTb keluar yang mengurus di daerah asal tersebar di 68 TPS dengan total pemilih berjumlah 144 pemilih. Sedangkan DPTb keluar yang mengurus di daerah tujuan tersebar di 291 TPS dengan total sebanyak 526 pemilih,” pungkasnya.

Turut hadir Kapolres Sekadau, Pabung Kodim 1204/Sanggau, Disdukcapil Sekadau dan Ketua atau perwakilan partai peserta politik di Sekadau. (Mus)

Comment