Buka Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi di Sekadau, Ini Harapan Wabup Aloysius

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius secara resmi membuka penilaian lomba kesatuan gerak (Kesrak) PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat provinsi Kalbar yang dilangsungkan di aula Sekretariat PKK Kabupaten Sekadau, Selasa (19/3/2019) pagi.

Tiga desa di Kecamatan Sekadau Hilir mewakili Kabupaten Sekadau untuk mengikuti lomba satuan gerak PKK–Kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK)–Kesehatan tingkat Provinsi Kalbar.

Tiga desa tersebut masing-masing, Desa Tanjung dengan kategori lomba PKK KB–Kes, Desa Selalong, Dusun Kemantan dan Dusun Tapang Muntik dengan kategori PHBS dan LBS serta Desa Merapi dengan kategori lomba posyandu.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, dengan diadakannya penilaian lomba tersebut akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih dan giat lagi dalam mengintegrasikan pemikiran dan kegiatan pada program PKK-KKBPK dan kesehatan yang ada di Kabupaten Sekadau. Sehingga, tujuan dari lomba tersebut dapat tercapai secara optimal.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius hadir dalam pembukaan penilaian lomba kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat provinsi Kalbar di Sekadau
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius hadir dalam pembukaan penilaian lomba kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat provinsi Kalbar di Sekadau (Foto: Mus)

“Mengingat pentingnya peran SDM dalam pembangunan, maka keluarga sebagai unit terkecil masyarakat selalu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan dalam memenuhi kebutuhan materi, spiritual dan kebutuhan sosial,” ujar Aloy mengawali sambutannya.

Menurut Aloy, pemberdayaan keluarga menjadi amat penting. Terlebih saat ini semakin maraknya penyalahgunaan narkoba dan perilaku menyimpang oleh generasi muda. Guna mengatasi hal tersebut diperlukan kerjasama dan tanggungjawab bersama.

Baca Juga :  KKM-PPL IKIP PGRI Pontianak
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius foto bersama usai membuka penilaian lomba kesrak PKK- PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Kalbar di Sekadau
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius foto bersama usai membuka penilaian lomba kesrak PKK- PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Kalbar di Sekadau (Foto: Mus)

“Tentunya harus dimulai dari keluarga masing-masing. Di sini peran orang tua menjadi sangat penting, yaitu sebagai guru sekaligus sebagai teman baik bagi anak-anaknya,” ucapnya.

“Orang tua dapat mengarahkan anggota keluarganya untuk menanamkan norma agama dan norma sosial,” timpal Aloy.

Aloy menambahkan, keberhasilan Kecamatan Sekadau Hilir menjadi mewakili Kabupaten Sekadau dalam lomba ini berkat kerja keras dan kersama antar sektor terkait. Pemkab, kata Aloy, mengapresiasi dan mendorong kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan agar menjadi lebih baik.

“Saya berharap Sekadau yang diwakili Kecamatan Sekadau Hilir dapat meraih yang terbaik. Walaupun itu semua merupakan wewenang dan diserahkan sepenuhnya kepada tim penilai,” kata dia.

Ia mengatakan, jika nantinya dinyatakan layak mendapatkan penghargaan tentunya harus disyukuri.

Bahkan, bila belum mendapatkan kesempatan mendapatkan penghargaan maka segala kekurangan yang ada perlu dibenahi dan tetap melanjutkan berbagai hal positif yang sudah ada.

“Pada dasarnya bukan kemenangan jadi tujuan utamanya. Namun, diharapkan dengan lomba ini jadi momentum untuk memotivasi serta menyempurnakan berbagai program dan kegiatan satuan gerak PKK–KKBPK–Kesehatan di Kabupaten Sekadau,” tukasnya.

Baca Juga :  Ulang Tahun ke-52 Bupati Rupinus Panjatkan Syukur Kepada Tuhan

Sementara Ketua Tim Penilaian Lomba, Mery Benijanti mengatakan, lomba tersebut merupakan kegiatan rutin yang terintegrasi dengan berbagai sektor terkait.

Ia menegaskan, program tersebut untuk semua lapisan masyarakat.

“Mudah-mudahan pada saatnya nanti Sekadau menjadi kabupaten sehat. Mari kita sukseskan pogram ini,” ujarnya singkat.

Sementara Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius mengatakan bahwa penilaian satuan gerak PKK–KKBPK–Kesehatan dilaksanakan dalam rangka pembinaan sekaligus evaluasi program-program pemeritnah yang telah dilaksanakan di masyarakat, khususnya PKK–KKBPK–Kesehatan.

Ia mengapresiasi kepada Tim Penggerak PKK kabupaten, kecamatan dan desa-desa yang telah mempersiapkan segalanya.

“Semoga Kabupaten Sekadau yag diwakili Kecamatan Sekadau Hilir melalui tiga desa, yaitu Tanjung, Selalong dan Merapi mendapatkan hasil terbaik,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, St Emanuel menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini, panitia telah membangun kerjasama untuk meningkatkan kualitas masyarakat hingga tingkat kampung serta mendekatkan akses kebutuhan dalam pelayanan masyarakat demi terbentuknya keluarga kecil, sejahtera dan berkualitas.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Sekadau, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, perwakilan Kodim 1204/Sanggau, Kasat Binmas Polres Sekadau, tim penilaian lomba dari provinsi, Forkopimka Sekadau Hilir, SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau dan kepala desa serta pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau. (Mus)

Comment