Sutarmidji Targetkan Kota Singkawang Raih Pelayanan Publik Terbaik se-Indonesia : Harus Bisa Bersaing

Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan sambutannya pada pembukaan Musrenbang RKPD Kota Singkawang 2020
Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan sambutannya pada pembukaan Musrenbang RKPD Kota Singkawang 2020 (Foto: Humas Pemprov Kalbar)

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meminta Pemerintah Kota Singkawang terus mempercepat dan mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat.

“Kota Singkawang adalah kota berkembang dan kota jasa, pelayanan publik harus baik,” ujar Sutarmidji saat membuka Musrenbang RKPD Kota Singkawang 2020 di aula kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (19/3/2019).

Bahkan, orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini menargetkan Kota Singkawang dapat meraih tingkat kepatuhan dan pelayanan publik terbaik se-Indonesia.

“Target yang harus dicapai oleh Kota Singkawang adalah tingkat kepatuhan dan pelayanan publik terbaik se-Indonesia,” tegasnya.

Target tersebut menurutnya sangat mungkin dicapai Kota Singkawang dengan catatan lakukan percepatan dan berikan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat.

Hal tersebut lantas dicontohkan Midji semasa dirinya menjabat sebagai Wali Kota Pontianak berhasil meraih dua kali penghargaan sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik se-Indonesia oleh Ombusman.

“Kalau dapat meraih penghargaan pelayanan publik terbaik, maka akan berpengaruh terhadap pelayanan perizinan yang cepat tanpa bertele-tele,” tegasnya lagi.

Selain penghargaan tersebut, Midji juga membeberkan bahwa saat ini pengurusan perizinan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) di Kota Pontianak menjadi unit pelayanan perizinan tercepat se-Indonesia yakni hanya 1 jam pelayanan, syarat lengkap langsung diproses.

“Kota Singkawang harus bisa bersaing dengan yang lain agar cepat maju dan pelayanan publik harus jadi instrumen tingkatkan pelayanan. Kota Singkawang harus bisa percepat perizinan,” pesannya.

Dalam pelayanan publik, kata dia, jangan doyan menghambat. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga harus setiap hari melakukan evaluasi-evaluasi dan hambatan-hambatan apa-apa saja yang ditemukan serta melakukan kajian-kajian.

“Sepanjang tidak melanggar aturan-aturan, pangkas saja,” ingatnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama Midji juga mengungkapkan bahwa Pemprov Kalbar memprioritaskan pembenahan jalan provinsi yang ada di Kota Singkawang termasuk drainase.

“Kami prioritas benahi jalan Provinsi di Kota Singkawang termasuk drainasenya,” tandasnya. (*/Fai)

Tinggalkan Komentar