Staf Ahli Bupati Sintang Buka Seleksi Paskibraka 2019

KalbarOnline, Sintang – Mewakili Bupati Sintang, Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Drs. Syarifuddin, MM membuka kegiatan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sintang tahun 2019 di Stadion Baning Sintang, Jumat (15/3/2019).

“Kegiatan ini merupakan wadah positif untuk belajar dan membentuk karakter para pemuda dan pemudi kita ya,” kata Syarifuddin dalam sambutannya.

“Kegiatan seperti ini akan menjauhkan anak muda kita dari menghabiskan waktu dengan gadget, narkoba dan pergaulan bebas,” tambahnya.

Syarifuddin mengingatkan kepada para peserta untuk mempergunakan seleksi ini dengan baik. Ia berharap agar mereka tidak hanya menjadi wakil dari kecamatan saja tapi dapat membawa nama Sintang hingga ke tingkat nasional.

Baca Juga :  KI Kalbar Dorong Pemkab Sintang Tingkatkan Pengeloaan Informasi Dokumentasi

“Saya juga mengingatkan kepada para pelatih dan panitia seleksi, agar dapat berlaku jujur dan adil dalam memilih  peserta ya,” kata Syarifuddin.

“Jangan pandang siapa dan darimana mereka berasal karena mereka semua putra-putri terbaik Sintang,” pungkasnya.

Kegiatan seleksi ini berlangsung selama 3 hari. Proses seleksi meliputi tes kesehatan dan fisik, ilmu pengetahuan, kesenian, psikotes dan baris berbaris.

Baca Juga :  Warga Desa Nanga Kelapan Minta Pemerintah Cabut SK 733 Menhut, Kades: Sebelum SK Itu Lahir Leluhur Kami Sudah Lebih Dulu Ada

Sementara H. Junaidi S.Sos., M.Si. mewakili Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika S.Sos,.M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan menseleksi calon peserta Paskibraka setingkat SMA sederajat yang dipersiapkan sebagai pasukan pengibar Bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019.

“Ada 30 sekolah dari 10 kecamatan yang mengirimkan siswanya untuk ikut seleksi tahun ini,” ungkap Junaidi.

“Ada 200 orang peserta, dengan rincian 103 orang peserta putra dan 97 orang peserta putri,” pungkasnya.

Seleksi melibatkan pula TNI, Polri dan akademisi yang berkoordinasi dengan Disporapar Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment