Musrenbang Kecamatan Terentang, Muda Fokus Percepatan Pembangunan

KalbarOnline, Kubu Raya – Percepatan pembangunan di semua sektor menjadi salah satu komitmen Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.

Hal itu disampaikan Muda kala membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Terentang yang berlangsung di aula kantor Camat Terentang, Selasa (12/3/2019).

Menurut Muda, program-program pembangunan di manapun bersifat standar. Sehingga yang dibutuhkan adalah kecepatan dalam mengejar target sasaran tersebut.

“Kita ingin menekankan langkah-langkah solusi dan resolusi. Konkretnya adalah kita lakukan langkah-langkah percepatan. Bagaimana strategi, terobosan, inovasi dan kebijakan yang dilakukan,” ujarnya tegas.

Karenanya, Muda mengatakan Musrenbang Kecamatan menjadi forum musyawarah yang penting bagi antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas usulan rencana kegiatan pembangunan desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten di wilayah kecamatan.

Baca Juga :  Kubu Raya Siap Gelar MTQ Kabupaten Dalam Waktu Dekat, Ini Keterangan Ketua Panitia

“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mendorong untuk melakukan percepatan-percepatan pembangunan di semua sektor. Sehingga terwujud Rencana Kerja Pemerintah Desa dan Kecamatan pada tahun 2020 mendatang yang semakin partisipatif. Karena dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan ini, sebagaimana pada umumnya merupakan usulan yang disampaikan masyarakat di masing-masing desa,” ucapnya memaparkan.

Orang nomor wahid di Kubu Raya ini menyatakan perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 sangat penting. Karena akan menjadi bahan untuk mengambil kebijakan sekaligus menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah daerah.

Sebab itu, dirinya berharap semua pihak mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, termasuk anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya dapat bersinergi dalam pelaksanaan Musrenbang.

“Sehingga prioritas pembangunan pada tahun 2020 mendatang dapat kita tentukan dan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya.

Muda menegaskan bahwa pemerintah daerah akan terus melakukan upaya-upaya percepatan khususnya terkait peningkatan pelayanan dasar masyarakat. Terutama peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur hingga pertanian.

Baca Juga :  Magnet Pariwisata di Desa Jeruju Besar

Dengan begitu, lanjut dia, masyarakat akan dapat merasakan langsung manfaat dari apa yang telah dilakukan pemerintah daerah.

“Dengan sudah dilakukan musrenbang di semua desa, maka kita berusaha mengejar percepatan-percepatan. Artinya, kita berusaha untuk melakukan rencana yang bisa efektif, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna,” terangnya.

Sementara Pelaksana tugas Camat Terentang, Suharto mengatakan musrenbang kecamatan bukan seremoni belaka. Musrenbang, menurutnya, adalah wadah untuk bertukar pikiran dalam menentukan keberhasilan pembangunan khususnya di Kecamatan Terentang. Pada kesempatan itu, Suharto menyampaikan empat gagasan dan wacana masyarakat Kecamatan Terentang.

“Kami ingin merelokasi Kantor Kecamatan ke Desa Sungai Radak II yang aksesnya lebih mudah dijangkau. Kemudian mencoba untuk mulai memperingati hari ulang tahun Kecamatan Terentang yang secara historis telah definitif ada sejak 1965 silam. Selanjutnya membangun pintu gerbang Kecamatan Terentang. Terakhir, kita hendak membangun situs web Kecamatan Terentang yang saat ini dimulai dengan menyiapkan data-data yang dibutuhkan,” tandasnya. (ian/rio)

Comment