Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau 2019, Wabup Aloysius : Motivasi dan Memacu Semangat Perangkat Desa

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius secara resmi membuka rangkaian penilaian lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019 yang mana Desa Nanga Ansar, Kecamatan Belitang menjadi desa pertama yang dinilai, Selasa (12/3/19).

Dalam sambutannya, Wabup Aloysius mengatakan bahwa lomba desa ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI no 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini turut mengungkap bahwa desa yang diikutsertakan dalam perlombaan ini merupakan desa yang cepat berkembang.

“Perkembangan sebuah desa diketahui dengan evaluasi secara berjenjang didasarkan atas data dengan mengunakan instrumen pemantau data dasar, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatannya,” tukasnya.

Penilaian lomba desa ini, kata Wabup Aloy, mengandung makna tersendiri, lantaran dapat memberikan motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga lembaga desa dan ajang masyarakat untuk berlomba serta bersaing secara sportif dan positif dengan membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintahan desa yang termasuk juga PKKnya.

Baca Juga :  Wabup Turun Langsung Tinjau Jalan SP 9 Belitang Hulu

“Yang terpenting dalam kegiatan ini bagaimana menjadikan desa lebih berkembang serta program-program desa dapat dirasakan bermanfaatnya bagi pemerintah desa dan masyarakat,” tandasnya.

Sementara Kades Nanga Ansar, Abbaku. SP dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini penduduk di Desa Nanga Ansar berjumlah 2298 jiwa, dengan pekerjaan mayoritas sebagai petani dengan luas wilayah 8300 kilometer2 yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ketungau, Kabupaten Sintang bagian timur.

Arah Desa Nanga Ansar dalam menjalankan roda pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan tiada lain untuk mensinergikan seluruh kegiatan, baik dari unsur masyakat maupun dari pemerintah kecamatan dan kabupaten.

“Hal ini perlu dukungan dan kerjasama sama segala bidang dalam pembangunan desa,” ungkap Kades.

Baca Juga :  Apresiasi Pelaksanaan Maulid Nabi Tradisional, Pemkab Sekadau Ajak Masyarakat Jalin Persatuan dan Kesatuan

Dirinya turut mengungkap bahwa bidang partisipasi masyarakat Desa Nanga Ansar terbilang cukup baik. Hal ini didasari masyarakat Desa Nanga Ansar yang masih mengedepankan prinsip gotong royong yang dapat dilihat dalam setiap kegiatan pembangunan desa.

Dengan adanya lomba desa tahun 2019 tingkat kabupaten, ia berharap menjadi  memicu pemerintah desa dan masyarakat untuk lebih meningkatkan pembangunan di segala bidang.

“Dengan bergotong-royong semoga pada kesempatan ini kita mendapatkan nilai terbaik,” harapnya.

Sementara Camat Belitang, Saut Parulian menyampaikan bahwa melalui lomba desa ini, aparatur pemerintah desa dapat menilai sejauh mana kinerja yang telah dilakukan selama ini, baik dalam proses administrasi maupun pelayanan terhadap masyarakat.

“Sehingga dapat ditingkatkan perkembangan desa. Dengan perlombaan ini kita dapat menggali potensi desa serta memperoleh masukan dan saran untuk perkembangan desa yang akan datang,” tukasnya. Turut hadir Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau , Staf Ahli, Kadis Pemdes, Kapolsek Belitang, Danramil Belitang dan tim penilai kabupaten. (Mus)

Comment