Besuk Pasien DBD, Bupati Rupinus Ingatkan Warga Sekadau Waspada

Bupati Sekadau, Rupinus saat membesuk pasien DBD di RSUD Sekadau
Bupati Sekadau, Rupinus saat membesuk pasien DBD di RSUD Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Usai menghadiri deklarasi pemilu damai 2019 di Mapolres Sekadau, Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si langsung bertolak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sekadau untuk membesuk dan melihat pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat inap di ruang pelayanan anak RSUD Sekadau, Senin (11/3/2019).

Saat mendatangi RSUD Sekadau terdapat 2 pasien anak yang sedang terbaring menderita DBD di ruang pelayanan anak.

Menyoal DBD ini, Bupati Rupinus mengingatkan warga Sekadau agar waspada terkait pengembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit DBD. Pasalnya, pada musim hujan seperti ini, nyamuk Aedes aegypti berkembang biak dengan cepat.

“Di wilayah Sekadau ini sudah ada beberapa warga yang terkena DBD. Untuk itu, kita harus selalu waspada,” pinta Bupati.

Orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini menuturkan, pencegahan penyakit DBD bisa dilakukan dengan berbagai cara antara lain menggunakan kelambu saat tidur, membersihkan tempat penampungan air, menutup tempat menampung air, membasmi sarang nyamuk selalu menjaga kebersihan dan beberapa upaya lain agar penyakit DBD tidak berkembang.

Sementara Plt. Direktur RSUD Sekadau, dr. I Ketut Widhiartha, M.Kes, Sp.OG menyebutkan data pasien DBD yang dirawat di RSUD Sekadau sepanjang Januari 2019 hingga Maret 2019 sebanyak 39 orang.

“Rinciannya di bulan Januari ada sebanyak 16 orang, Februari sebanyak 18 orang dan Maret sebanyak 5 orang,” tandasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar