Deklarasi Pemilu Damai, Kasdam Ultimatum Prajurit TNI : Jaga Netralitas

Kodam XII/Tpr Siapkan 7 Batalyon

KalbarOnline, Kubu Raya – Kepala Staf Kodam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfred Denny D. Tuejeh menyatakan, dalam rangka mengawal pesta demokrasi di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kodam XII/Tpr telah menyiapkan sebanyak tujuh batalyon untuk membantu tugas Kepolisian dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2019 di wilayah Kalbar. Selain itu juga membantu KPU dalam pendistribusian logistik Pemilu.

Kasdam XII/Tpr menegaskan sampai dengan saat ini TNI tetap akan menjaga netralitas, untuk itu jangan sampai ada perorangan maupun institusi yang mengajak atau mempengaruhi TNI untuk terlibat dalam politik praktis karena sudah menjadi komitmen di negara ini bahwa TNI harus bersikap netral.

“Melalui sikap netral inilah menjadi modal dan landasan kami untuk mengawal jalannya pesta demokrasi dengan baik. Apabila menemukan di lapangan adanya oknum anggota TNI khususnya anggota Kodam XII/Tpr yang bersikap tidak netral agar tidak segan-segan atau secara terbuka melaporkan kepada kami,” tegas Kasdam XII/Tpr mewakili Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi di acara Deklarasi Pemilu Damai tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Barat, yang dilangsungkan di Qubu Resort, Senin (11/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut Kasdam XII/Tpr mengajak kepada seluruh masyarakat di Kalimantan Barat untuk mewaspadai maraknya berita-berita bohong atau Hoax di media sosial.

“Kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan isu-isu provokatif yang ada di medsos karena dapat merusak sistem demokrasi dan sistem politik dalam negara,” ajaknya.

“Marilah kita belajar dari negara-negara di timur tengah, negara mereka hancur karena tidak mewaspadai apa yang terjadi di medsos, yang kemudian menjelma dalam kehidupan nyata, ini agar kita jadikan pembelajaran,” timpalnya.

Kasdam menuturkan para pakar menyakini bahwa negara Indonesia pada tahun 2045 akan menjadi salah satu dari lima negara terbesar di dunia namun dengan satu syarat yaitu bangsa Indonesia harus mampu mengkonsolidasikan demokrasi dengan baik.

Artinya, kata dia, pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2019 yang sedang berjalan saat ini, akan menentukan keberhasilan bangsa untuk menjadi bangsa yang besar.

“Untuk itulah Kodam XII/Tpr berharap serta mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan pemilu yang aman, damai dan lancar,” imbau Kasdam XII/Tpr.

Acara deklarasi juga dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar, Kabinda Kalbar, Ketua KPU Kalbar, Ketua Bawaslu Kalbar, Bupati Kubu Raya, sejumlah calon anggota DPR – RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota , Ketua dan pengurus seluruh partai peserta pemilu serta perwakilan tim pemenangan daerah calon Presiden dan Wakil Presiden. (ian/fat)

Tinggalkan Komentar