Muda Dorong Pelajar dan Mahasiswa Primaraya Kembangkan Ide dan Gagasan Solutif : Jawab Persoalan Bangsa

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan memberikan arahannya saat menghadiri sekaligus membuka dialog interaktif yang dihelat Primaraya
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan memberikan arahannya saat menghadiri sekaligus membuka dialog interaktif yang dihelat Primaraya (Foto: Primaraya)

Dialog Interaktif HUT ke-XI Primaraya : Pemuda Berkarya untuk Kemajuan Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menghadiri sekaligus membuka dialog interaktif yang dihelat Perhimpunan Mahasiswa Kabupaten Kubu Raya (Primaraya) dalam rangka perayaan HUT ke-XI Primaraya yang dilangsungkan di aula Kantor Bupati Kubu Raya, Sabtu (9/3/2019).

Muda yang hadir sebagai Bupati sekaligus pemateri dalam dialog yang mengusung tema ‘Pemuda Berkarya untuk Kemajuan Kubu Raya’ itu mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa Kubu Raya agar senantiasa mengembangkan ide dan gagasan solutif dalam menghadapi pelbagai persoalan bangsa.

Orang nomor wahid di kabupaten termuda di Kalbar itu menegaskan, pelajar dan mahasiswa Kubu Raya tak boleh menjadi beban bangsa dan negara melainkan harus menjadi pendorong lahirnya berbagai perubahan kemajuan bangsa serta menjadi solusi bangsa.

“Saya minta anak-anakku sekalian harus terus mendorong dan melahirkan ide serta gagasan-gagasan solutif, inovasi di berbagai bidang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing guna mendorong dan memberikan jawaban terhadap berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa saat ini,” tegas Muda.

Dirinya juga mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa Kubu Raya agar dapat memotivasi setiap anak-anak daerah untuk terus meningkatkan pendidikan. Memasyarakatkan perkualiahan di masyarakat, sehingga anak-anak daerah juga terus berlomba-lomba untuk meningkatkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Menurutnya, hal itu sangat penting bagi persiapan generasi muda Kubu Raya di masa yang akan datang untuk menjadi generasi yang terampil, terdidik, inovatif dan kreatif yang selalu mampu mencari solusi dan memberikan nilai plus bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Saya juga meminta teman-teman agar mengajak teman-teman yang lain di daerah agar tergerak hati dan fikirannya untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah (perguruan tinggi). Tidak boleh lagi ada anak-anak kita ke depan yang terhenti di bangku SMA saja. Para pelajar dan mahasiswa harus menjadi pendorong dan memberikan motivasi kepada teman-teman lainnya di daerah,” tukas Muda.

Ia mengahrapkan pelajar dan mahasiswa Kubu Raya terutama yang tergabung dalam Primaraya agar menjadi bagian penting dalam mengawal dan mendorong pembangunan Kabupaten Kubu Raya dengan peranan masing-masing di masyarakat.

“Yang kita butuhkan saat ini adalah bagaimana kita mencari solusi-solusi atas berbagai upaya untuk melakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Para mahasiswa dan kaum terpelajar harus mampu melahirkan solusi bagi kehidupan sehari-hari di masyarakat,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Muda, yang paling terpenting adalah bagaimana membangkitkan dan menggairahkan kehidupan ekonomi kerakyatan. Dengan berbagai pola-pola yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

“Pola-pola ini yang harus kita fikirkan bersama-sama dan saya yakin teman-teman pelajar dan mahasiswa memiliki gagasan-gagasan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebab mereka ada di tengah-tengah masyarakat yang merasakan langsung apa dan bagaimana situasi ekonomi masyarakat,” tandasnya. (ibas/ian)

Tinggalkan Komentar