Pemilu 2019 : 1,9 Juta lembar Surat Suara Tiba di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang telah menerima distribusi logistik surat suara Pemilu 2019, Sabtu (9/3/2019) pagi.

Jutaan surat suara tersebut diangkut menggunakan 9 unit kontainer yang akan disimpan di gudang logistik KPU Ketapang.

Ketua KPU Ketapang, Teddy Wahyudin mengatakan saat ini semua surat suara disimpan digudang milik KPU Ketapang dengan penjagaan ketat.

Distribusi surat suara Pemilu 2019 di Ketapang
Distribusi surat suara Pemilu 2019 di Ketapang (Foto: Adi LC)

“Paket surat suara Pemilu tersebut ditempatkan di gedung Bina Utama, di jalan Gatot Subroto, Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang,” ujarnya, Minggu (10/3/2019).

Teddy mengatakan pihaknya akan mempersiapkan proses pelipatan dan pensortiran surat suara dalam waktu dekat ini.

Baca Juga :  Wabup Farhan Resmikan SPBU 3T di Kecamatan Pemahan

“Pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu akan kita lakukan pada Senin (11/3/2019),” ungkapnya.

Rencananya, jelas Tedi, pihaknya akan merekrut sebanyak 200 petugas yang akan melaksanakan proses pelipatan surat suara Pemilu 2019. Pelipatan dilakukan secara berjenjang dimulai dari surat suara Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Wakapolres Ketapang menyaksikan pembukaan kunci mobil box logistik Pemilu 2019 di KPU Ketapang
Wakapolres Ketapang menyaksikan pembukaan kunci mobil box logistik Pemilu 2019 di KPU Ketapang (Foto: Adi LC)

“Pelibatan masyarakat setempat dalam proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu ini sudah dibuatkan SK, tentu dengan persyaratan dan ketentuan serta dikawal ketat pihak Kepolisian,” jelasnya.

Kendati demikian, Tedi memastikan bahwa pihaknya akan berupaya maksimal agar proses pelipatan dan pensortiran dilaksanakan secepat mungkin. Sebab, hasil dari pensortiran akan dilaporkan kepada KPU-RI.

Baca Juga :  Buka Lahan Dengan Membakar, Kades di Ketapang Ditangkap Polisi

Adapun logistik surat suara pemilu 2019 yang tiba di KPU Ketapang berjumlah 1.914.547 lembar surat suara, dengan rincian surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 381.509 lembar, surat suara DPD sebanyak 381.509 lembar, surat suara DPR-RI Kalbar 1 sebanyak 381.509 lembar, surat suara DPRD Provinsi dapil 8 berjumlah 382.509 lembar, surat suara DPRD Kabupaten dapil 1 sampai dengan dapil 6 berjumlah 387. 551 lembar. Pembukaan kunci mobil box logistik Pemilu 2019 di KPU Ketapang itu disaksikan langsung oleh Wakapolres Ketapang, Kompol Pulung Wietono, S.IK, Perwakilan Kodim 1203/Ketapang, Sertu Sutardi, dan Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin, S. Sos.I bersama Ketua Bawaslu Ketapang, Nuriyanto, S.Pd.I. (Adi LC)

Comment