Dinas Koperasi dan UMKM Optimis Lirikan Usaha Konveksi Tembus Pasar Modern

Koperasi UMKM konveksi Kubu Raya
Koperasi UMKM konveksi Kubu Raya (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kubu Raya menegaskan dukungannya terhadap manajemen koperasi usaha kecil.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Nora A Rani disela-sela acara penyerahan bantuan mesin jahit bagi UMKM konveksi melalui dana CSR Bank Kalbar, Jumat (8/3/2019) kemarin.

“Apabila koperasi tersebut baru dibentuk maka kita latih untuk mengenal manajemen usaha perkoperasian. Mudah-mudahan kedepannya koperasi ini bisa menjadi percontohan serta memiliki anggotanya semakin banyak,” ujar Nora kepada awak media.

Terkait dengan 9 koperasi UMKM yang membidangi konveksi, Nora mengatakan kedepannya tidak hanya melayani jahit pakaian sekolah namun dapat melayani pesanan berupa pakaian lainnya seperti mukenah, yang bisa dijual di pasar modern.

“Karena kita sudah mempunyai kerjasama dengan toko swalayan atau modern dan juga dengan negara tetangga,” jelasnya.

Kendati terbilang baru dibentuk, pihaknya optimis, 9 koperasi UMKM tersebut bisa berkembang dan mensejahterahkan para anggotanya.“Koperasi-koperasi yang sudah dibentuk banyak bergerak di bidang pengelolaan hasil pertanian, koperasi konsumen, simpan pinjam dan lain-lainnya sudah banyak mendapat pinjaman permodalan baik dari dana Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM). Oleh sebab itu sektor konveksi ini juga mesti kita lirik, karena menyerap tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan dan membangun kewirahusahaan dalam keluarga,” tandasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar