4 Bulan Keliling Masjid, MTAMT Sekadau Gelar Acara Penutupan Rangkaian Maulid Tradisional

Pererat Ukuhuwah Islamiyah dalam penyatuan umat

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT)  Kabupaten Sekadau menggelar acara penutupan rangkaian Maulid tradisional yang telah dilaksanakan pihaknya dalam kurun waktu 4 bulan dengan keliling dari Masjid ke Masjid maupun ke surau-surau se-Kabupaten Sekadau.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad 1440 Hijriah ini dilaksanakan di Masjid Jami’ At Taqwa, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, yang ditutup oleh Asisten 1 Setda Sekadau, Fendy sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan pemukulan gendang, Rabu (6/3/2019).

Maulid tradisional yang mengusung tema ‘mari kita perkuat Ukhuwah Islamiyah dalam penyatuan umat’ ini tak hanya dipadati warga Desa Mungguk, banyak juga jamaah dari Sekadau Hulu, Nanga Taman, Nanga Mahap, Sungai Ayak dan desa-desa lainnya di Sekadau.

Maulid tradisional yang diselenggarakan oleh pengurus Majelis Ta’lim Al Barzanji Maulid Tradisional Kabupaten Sekadau ini merupakan suatu budaya turun temurun.

Kegiatan diisi dengan lantunan shalawat-shalawat Nabi dalam kitab Al Barzanji dan diadakan bergiliran dari masjid hingga surau di Kabupaten Sekadau. Para tokoh agama, alim ulama dan masyarakat muslim seluruh kabupaten Sekadau berkumpul dalam majelis tersebut. 

AKP Hairul Saleh dalam sambutannya menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta mengajak warga untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah antar sesama muslim serta menjaga kerukunan dengan umat agama lain dalam rangka mewujudkan Pemilu damai 2019.

“Mari bersama-sama kita jaga kamtibmas dan kerukunan serta saling menghargai pilihan satu sama lain untuk Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk,” ajaknya.

Sementara Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, Fendy sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi pelaksanaan Maulid Nabi tradisional tersebut. Dalam rentan waktu beberapa bulan, MTAMT telah melaksanakan maulid secara keliling di puluhan masjid dan surau di Kabupaten Sekadau.

BACA JUGA:  Momentum Maulid Nabi Muhammad, Wabup Farhan Ajak Umat Teladani Sifat Rasulullah

“Ada rasa persatuan dan kesatuan yang terjalin. Dari kegiatan ini memunculkan kembali semangat kebersamaan, kekeluargaan umat Islam,” ujar Fendy saat diwawancarai usai kegiatan.

Terlebih, dalam kegiatan tersebut banyak orang berkumpul mulai dari anak-anak hingga dewasa. Hal itu dilakukan untuk mensyiarkan agama Islam. Untuk itu, Fendy berharap kegiatan tersebut kedepan semakin baik lagi.

“Kepengurusan MTAMT akan berakhir Juni mendatang, saya berharap mudah-mudahan nanti kalau kepengurusan baru kegiatan ini tetap dilakukan dan digalakkan,” pintanya.

Pemkab Sekadau, lanjut Fendy, mengapresiasi masyarakat yang telah menyemarakan kegiatan tersebut. Tak lupa ia juga juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan tersebut, hingga berjalan dengan baik.

“Terkait dukungan, Pemkab Sekadau selalu terbuka untuk mendukung semampunya. Oleh karena itu, silahkan dibuatkan proposal untuk diajukan,” tuturnya.

Sementara Ketua MTAMT Kabupaten Sekadau, Abu Bakar berterima kasih kepada dukungan semua pihak. Ia menambahkan, jika ada kekurangan selama pelaksanaan tersebut pihaknya memohon maaf.

“Kami juga berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk bantuan mobil agar mobilisasi jamaah,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau, Suprapto, perwakilan Polres Sekadau, Ketua MUI Kabupaten Sekadau dan Camat Sekadau Hilir serta tokoh agama serta tokoh masyarakat dan organisasi islam di Kabupaten Sekadau. (Mus)

Comment