Mahfud MD ke Warga Kalbar : Jaga Persatuan Dalam Keberagaman

25
Mahfud MD saat memberikan materinya dalam dialog kebangsaan yang digelar Polda Kalbar
Mahfud MD saat memberikan materinya dalam dialog kebangsaan yang digelar Polda Kalbar (Foto: Fat)

KalbarOnline, Pontianak – Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U atau yang akrab disapa Prof Mahfud MD meminta agar masyarakat khususnya Kalimantan Barat terus menjaga persatuan dalam keberagaman. Karena keberagaman menurutnya merupakan fakta ciptaan Tuhan.

Hal itu disampaikan Mahfud saat mengisi dialog kebangsaan dengan tema ‘merajut dan merawat kebhinekaan di Bumi Khatulistiwa demi masa depan bangsa’ yang dilangsungkan di Hotel Mercure Pontianak, Minggu (3/3/2019) siang.

“Kita harus menjaga persatuan dalam keberagaman. Karena itu (keberagaman) merupakan fakta ciptaan Tuhan. Seperti halnya di Kalbar, sangat banyak sukunya demikian juga agamanya,” ujarnya.

Terlebih, lanjut dia, 2019 ini merupakan tahun politik, rasa persatuan harus dijadikan landasan utama dalam menyikapi perbedaan pilihan politik.

Untuk itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini berharap Pemilu yang digelar 5 tahun sekali itu tak boleh sampai merusak tatanan persaudaraan yang ada di masyarakat.

“Ini mau Pemilu, pilihlah sesuai selera masing-masing tapi tetap jaga persatuan, karena Pemilu itu dalam rangka bicara soal egalite atau kesamaan kedudukan. Bicara juga liberte, kebebasan memilih. Tetapi ada satu juga yang harus dijaga yaitu fraternite, kebersatuan, kesejahteraan yang harus dijaga. Jangan pecah hanya karena berbeda pilihan,” tukasnya.

“Pilihlah pada tanggal 17 April 2019, nanti pada tanggal 18 April 2019 berangkulan kembali sebagai sesama warga negara dan bertugas masing-masing membawa Indonesia lebih maju di masa depan,” tandasnya.

Turut hadir Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, pejabat Kodam XII/Tanjungpura, Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, Kapolresta Pontianak, sejumlah Ketua Ormas serta perwakilan masyarakat lintas etnis se-Kalbar. (Fat)

Tinggalkan Komentar

Loading...