Tiga Kecamatan di Sekadau Terendam Banjir, 3.163 Jiwa Terdampak

KalbarOnline, Sekadau – Tiga kecamatan di kabupaten Sekadau tergenang banjir sejak 1 hingga 2 Maret 2019.

Meski telah berangsur surut, namun banjir tersebut membuat ratusan rumah, sekolah dan tempat ibadah di kecamatan Nanga Mahap, kecamatan Nanga Taman dan kecamatan Sekadau Hulu, tergenang banjir dengan ketinggian air mencapai 2 meter. Banjir juga membuat hampir 1000 kepala keluarga dengan 3.163 jiwa terdampak.

Tiga Kecamatan di Sekadau Terendam Banjir, 3.163 Jiwa Terdampak 1

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) kabupaten Sekadau mencatat, di kecamatan Nanga Mahap, banjir mengenangi sejumlah desa di antaranya, desa Nanga Mahap, Tembesuk, Batu Pahat, Lembah Beringin, Landau Kumpai dan Desa Teluk Kebau, termasuk sebagian Desa Landau Apin.

Baca Juga :  Abdul Hamid Tegaskan Administrasi Pelayanan di Desa Sungai Ringin Bebas Pungli

Di kacamatan Nanga Taman, ada tiga desa tergenang banjir. Ketiga desa itu adalah desa Nanga Taman, desa Mentukak dan desa Nanga Kiungkang, termasuk sebagian desa Nanga Koman.

Sementara di kecamatan Sekadau Hulu banjir juga membuat rumah warga di desa Selitah tergenang.

Banjir di tiga kecamatan tersebut, terjadi karena tingginya curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya air sejumlah anak sungai yang ada di tiga kecamatan itu meluap dan mengenangi pemukiman warga.

Baca Juga :  Polres Sekadau Dampingi Penyaluran Sembako Dalam Peringatan HUT Satpam

Di kecamatan Nanga Mahap ada 563 kepala keluarga (KK) dengan 2.295 jiwa terdampak banjir. Di kecamatan Nanga Taman banjir berdampak terhadap 138 kepala keluarga (KK) dengan 578 jiwa.

Dampak banjir juga dialami warga di kecamatan Sekadau Hulu. Di kecamatan ini ada 82 kepala keluarga (KK) dengan 289 jiwa yang merasakan genangan banjir.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius bersama aparat terkait, sudah meninjau ke lokasi banjir pada Sabtu (2/2/2019) pagi. Pemkab juga sudah memberikan bantuan, seperti mie instan serta bantuan lainnya. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa. namun sejumlah warga yang tergenang banjir terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang aman. (Mus)

Comment