Sujiwo Minta Arpusda Lakukan Inovasi Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

– Hapuskan Buta Aksara di Kubu Raya

– Inginkan Keberadaan Perpustakaan Daerah di Pesisir Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo berkomitmen membangun Kubu Raya tak hanya secara fisik, tetapi juga SDM yang berkualitas. Salah satunya dengan mengoptimalkan tugas dan peran Arpusda Kubu Raya untuk melakukan kampanye minat baca di masyarakat.

Dikatakan dia untuk mendorong minat baca di masyarakat, perpustakaan keliling perlu dihidupkan kembali. Sehingga masyarakat di semua wilayah Kubu Raya nantinya akan mendapatkan akses terhadap kebutuhan buku-buku bacaan.

“Kita ingin fokus juga membangun SDM (sumber daya manusia) generasi yang berkualitas ke depan. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran perpustakaan daerah. Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menghidupkan kembali perpustakaan keliling. Sehingga masyarakat di daerah juga mendapat akses terhadap buku-buku bacaan. Secara perlahan nanti akan menghidupkan minat baca masyarakat,” tukasnya kepada awak media, baru-baru ini.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Gelar FGD Penyusunan Rancangan Awal RPJPD 2025 - 2045

Dalam kesempatan tersebut, Sujiwo meminta kepada Arpusda Kubu Raya agar dapat menyediakan bahan bacaan mengikuti perkembangan saat ini.

“Arpusda harus terus melakukan inovasi bagaimana caranya agar minat baca masyarakat terus meningkat. Ini juga cara kita untuk menghapuskan buta aksara di Kubu Raya. Mungkin saat ini masih ada orang-orang tua kita yang belum bisa baca tulis, nah bagaimana ke depan agar generasi saat ini semuanya harus sudah bisa baca tulis bahkan melek teknologi, sekalipun di daerah terluar,” tuturnya.

Baca Juga :  Momentum Idul Fitri 1438, Bupati Open House di Hari ke-3 dan ke-4

Orang nomor dua di Kubu Raya ini berharap dengan cara itu nantinya akan semakin meningkatkan kecakapan, pengetahuan dan pendidikan masyarakat. Dengan tersedianya bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Misalnya masyarakat kita yang berada di sekitar pesisir sediakanlah bacaan yang sesuai, berupa bahan budidaya, atau buku-buku penambah pengetahuan wira usaha dan lainnya. Yang intinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat,” tandasnya. (ian)

Comment