Kunjungi Desa Tanjung Raya, Bupati Jarot Sampaikan Porsi Pembangunan di Serawai

KalbarOnline, Sintang – Hari kedua dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Serawai, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengunjungi Desa Tanjung Raya, Minggu (25/2/19).

Menuju Desa Tanjung Raya, Bupati Jarot dan rombongan harus menggunakan angkutan air pedesaan lantaran desa tersebut berada tepat di seberang ibu kota Kecamatan Serawai.

Kunjungan Bupati Jarot ini guna meninjau lokasi rencana pembangunan jalan penghubung antara Desa Tanjung Raya menuju Desa Nanga Bihe dan Desa Buntut Ponte hingga ke Tontang. Usai melakukan peninjauan, Bupati Jarot melanjutkan agendanya dengan dialog bersama warga di salah satu rumah warga Desa Tanjung Raya yang juga merupakan Ketua MABM Kecamatan Serawai, Syahril.

Dalam dialog tersebut, Bupati Jarot mengatakan dalam membangun daerah itu harus merata dan dapat dinikmati oleh lapisan masyarakat hingga ke daerah terpencil sekalipun atau membangun itu harus inklusif.

Tak terkecuali, kata dia, masyarakat Desa Tanjung Raya, di mana tahun ini sudah dianggarkan dana sebesar Rp400 juta untuk pembangunan jalan dari Tanjung Raya menuju Nanga Bihe lanjut ke Buntut Ponte hingga ke arah Tontang.

Untuk itu Bupati meminta dinas serta pihak terkait segera mengerjakan pembangunan jalan tersebut, hingga nanti bisa di nimkati masyarakat wilayah Kanan Mudik Serawai.

Baca Juga :  Apresiasi Perayaan Paskah Persekutuan Wanita Kristen se – Kota Sintang, Abdul Syufriadi: Sejalan Dengan Visi Misi Pemkab Sintang

“Tontang sebentar lagi akan jadi kecamatan sendiri, sehingga nanti terbuka nanti dari arah Tangoi pun kita bangun jalan ke Tontang, Ruhan pun jalannya bagus, Riyoi, Meroboi pun jalannya bagus, semua akan berkumpul di Tontang. Dari Tontang mau kemana? dari sebelah Kanan Mudik mau ke Tanjung Raya, sehinga ke depan Bupati-Bupati berikutnya, Gubernur-Gubernur selanjutnya yang memperjuangkan jembatan Melawi 4 yang menghubungkan kedua Serawai ini,” kata Jarot.

Orang nomor wahid di Bumi Senentang turut menyampaikan bahwa akses jalan dari Sintang menuju Kecamatan Serawai itu merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalbar, di mana pada tahun ini mulai masuk anggaran untuk pembangunan jalan menuju Kecamatan Serawai yakni mulai dari simpang Medang menuju Nanga Mau lebih dari Rp6 miliiar.

Kemudian, Nanga Mau menuju Nanga Tebidah Rp15 miliar, dari Nanga Tebidah menuju Bunyau itu Rp9 miliar, sehingga begitu menuju Bunyau sudah jadi nantinya dan material bisa disuplai melalui Bunyau maka akan dilanjutkan hingga ke Serawai.

“Kita yang di Serawai pun tidak boleh kalah, kita mesti harus bangun merata, jadi dari Serawai menuju Ambalau tahun ini harus tuntas, Jembatan Ruwe kita bangun tuntas, Jembatan Nyange kita bangun tuntas, Jembatan Dahange dan Jembatan Tempe kita renovasi tuntas, jadi jalannya pun kita perbaiki, barulah kita lanjutkan dengan pengembangannya, sehingga pemerataan pembangunan juga harus dinikmati masyarakat seberang sini,” jelas Jarot.

Baca Juga :  Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2018, Ini Kata Sekda Sintang

Sementara Ketua MABM Kecamatan Serawai, Syahril selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Sintang dan Pemerintah Provinsi Kalbar yang sudah memprioritaskan pembangunan di wilayah Kecamatan Serawai, seperti jalan dari Sintang menuju Serawai serta pembangunan di berbagai desa di Kecamatan Serawai salah satunya di Desa Tanjung Raya ini, karena itulah yang diharapkan masyarakat desa yaitu adanya pembangunan yang merata.

“Kita berharap memang pembangunan ini merata, bisa dinikmati kami-kami di pelosok ini, karena memang akses kami sangat sulit jika mau turun ke Sintang, terlebih memang saat musim hujan tiba, jadi kami berharap pemerintah tetap berkomitmen untuk terus peduli dengan daerah-daerah pelosok seperti ini, karena itulah yang kami harapkan,” ujarnya.

“Tadi juga Pak Bupati sudah melihat langsung rencana lokasi pembangunan jalan dari desa kami ini menuju desa-desai lainnya seperti Nanga Bihe dan Buntut Ponte bahkan hingga ke Tontang, mudah-mudahan pengerjaannya cepat mulai hingga selesai nanti, sehingga bisa nanti dinikmati masyarakat pedesaan wilayah Kanan Mudik Serawai ini,” kata Syahril. Turut hadir dalam rombongan Bupati tersebut, anggota DPRD Kalbar, Kadis Perhubungan Sintang, Hatta dan unsur Forkopimcam Serawai serta unsur terkait lainnnya. (*/Sg)

Comment