Categories: Sintang

Sintang Potret Kebhinekaan dan Keberagamaan Indonesia

Baralek Gadang Perkumpulan Keluarga Sumatera Barat Sintang

KalbarOnline, Sintang – Mewakili Bupati Sintang, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, H. Henri Harahap menghadiri kegiatan malam silaturahmi Baralek Gadang.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Perkumpulan Keluarga Sumatera Barat Sintang Raya itu berlangsung di Gedung Pancasila Sintang, Minggu (24/2/2019) malam.

Bupati Sintang dalam sambutannya yang disampaikan Henri Harahap mengatakan bahwa keberadaan perkumpulan organisasi masyarakat ini merupakan suatu wadah perkumpulan yang sangat positif.

“Disinilah kita saling berkumpul untuk melepaskan rindu kampung halaman, tentu ini menjadi hal yang positif bagi kita semua,” ujar Henri.

Henri menuturkan bahwa Kabupaten Sintang terkenal dengan daerah yang paling banyak masuk transmigrasi dengan berbagai suku dan budaya lainnya.

“Kita bisa lihat sendiri banyak sekali suku dan budaya yang ada di Sintang, saat ini juga sebagian besar sudah masuk ke generasi ketiga dan sepatutnya kita dari berbagai suku budaya lainnya hidup secara berdampingan harmonis di Kabupaten Sintang,” tukasnya.

Dirinya menambahkan bahwa perbedaan antar suku dan budaya menjadi semangat kebhinekaan di Kabupaten Sintang.

“Kita bisa melihat bagaimana banyaknya budaya di Sintang, contohnya banyak yang menikah antar suku, tentunya perbedaan ini sangat baik, kita selalu menjunjung tinggi kemajemukan, menjunjung tinggi kebhinekaan dan yang paling penting termasuk juga seperti pada Perkumpulan Keluarga Besar Sumatera Barat ini,” tukasnya.

Pada kesempatan itu pula Henri turut menyampaikan pesan Bupati Jarot agar masyarakat dengan berbagai latar belakang suku dan agama dapat saling bersatu.

“Siapapun dia, apa sukunya, apa agamanya, kita haruslah bersatu, walau kita berbeda-beda tapi tetap satu, itulah Bhinneka Tunggal Ika,” pesannya.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan Baralek Gadang, Bgd. Afrinal Sikumbang mengatakan bahwa kegiatan Baralek Gadang yang mengusung tema ‘Rantau Rasa di Kampuang’ ini merupakan kegiatan pertemuan masyarakat Minang.

“Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan untuk mempererat silaturahmi sesama orang Minangkabau yang ada di Kabupaten Sintang, sebagai masyarakat perantau tentunya kami ingin bertemu kembali di sini,” kata Bgd. Afrinal. “Kita ingin dimana kita saat ini berada khususnya masyarakat Minang yang merantau di Kabupaten Sintang bisa merasakan seperti ada di kampung, karena jumlah perantau dari Sumatera Barat ini di Kabupaten Sintang sangatlah banyak, maka kami selenggarakan kegiatan seperti ini,” timpalnya. (*/Sg)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Polres Kapuas Hulu Gelar Pelatihan Profesionalisme Fungsi Intelkam Bagi Personel

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan membuka pelatihan profesionalisme personel Intelkam Polres Kapuas…

9 hours ago

Suami di Kubu Raya Pergoki Istrinya Diduga Selingkuh dengan Seorang Tokoh Agama

KalbarOnline.com – Beredar di media sosial sebuah video seorang suami di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten…

12 hours ago

HUT ke-41 BPKP, Romi Wijaya: Semakin Akseleratif dan Independen

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri upacara peringatan Hari ulang tahun…

13 hours ago

Seorang Pemuda di Kubu Raya Nekat Curi Troli Basarnas untuk Modal Judi Slot

KalbarOnline – Seorang pemuda di Kubu Raya berinisial ED (29) diamankan polisi terkait kasus pencurian.…

14 hours ago

Bappeda Pontianak Ajak Stakeholders Identifikasi Potensi Risiko Pembangunan SPALD-T

KalbarOnline.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk…

14 hours ago

Ani Sofian Instruksikan Dishub Pontianak Tertibkan Truk Kontainer Tanpa Twist Lock

KalbarOnline.com – Insiden jatuhnya boks kontainer di jalan raya sudah beberapa kali terjadi di Pontianak.…

14 hours ago