Bupati Jarot Kunker ke Kupan Jaya, Sarana Olahraga, Infrastruktur dan Kebutuhan Listrik Jadi Sorotan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan kunjungan kerja ke Desa Kupan Jaya, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Sabtu (23/2/2019).

Perjalanan yang cukup panjang dari Kota Sintang ke Kupan Jaya ditempuh oleh Bupati Jarot bersama rombongan. Beberapa titik jalan menuju bagian hulu Kecamatan Tempunak itu pun menyebabkan mobil rombongan amblas. Meski demikian, hal itu tak serta merta menyurutkan niat orang nomor wahid di Bumi Senentang itu untuk mendatangi rakyatnya.

Meski awalnya direncanakan akan menutup turnamen sepak bola Kupan Jaya Cup 2019, namun Bupati dan rombongan tak dapat menunggu hingga selesai pertandingan final lantaran cuaca yang kurang bersahabat dan kondisi jalan yang kurang baik. Sehingga jadwal kunjungan dipercepat.

“Inikan salah satu bentuk pelaksanaan program desa yang dicanangkan Bapak Presiden, pengembangan sarana olahraga desa. Selain itu pembuatan embung, pembentukan BUMDes dan pemilihan produk unggulan desanya, kata Pak Kades Kupan Jaya sedang dalam proses,” ujarnya.

Lapangan sepak bola yang sudah dilengkapi dengan podium semi permanen dan pagar kayu di Desa Kupan Jaya terlihat ramai sore itu. Ribuan warga dari berbagai desa daerah setempat tampak memadati bibir lapangan. Begitu juga warung-warung warga tampak ramai pengunjung. Roda ekonomi berputar cepat, saat ada kehidupan di sarana olahraga.

Baca Juga :  Buka Turnamen Tenis Meja Bupati Sintang Open, Jarot Sebut Olahraga Mampu Sukseskan ‘Revolusi Mental’, Ini Alasannya

Banyak ragam sayur-mayur diperjual-belikan di sekitar area lapangan. Sebagian warga juga menjajakan buah-buahan hutan. Demikian halnya Bupati Jarot, tampak menikmati aneka ragam buah hutan yang disajikan warganya.

“Ini ada pekawai, sejenis durian. Ada buah embak, seperti manggis. Ada buah perut kelik, seperti rambutan kecil, sebesar jari kelingking. Hutan kita memberi sangat banyak hasil bumi, bisa langsung kita nikmati setiap waktu,” ujarnya.

Sebagai salah seorang penggemar olahraga sepak bola, Bupati Jarot tampak sangat menikmati pertandingan final tersebut. Laga final ini mempertemukan tim dari Desa Pulau Jaya Pulau Seperanduk, Kecamatan Tempunak melawan tim SP2 Solam Raya, Kecamatan Sungai Tebelian.

Disela-sela kunjungan tersebut, Bupati Jarot menyempatkan diri meresmikan salah sebuah warung kopi milik warga. Jarot menyebut hal tersebut sebagai bentuk perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan pinggir Sintang.

“Saat ini di Kupan Jaya prioritas pembangunan kita itu soal ketersediaan listrik, sinyal dan jalan,” ungkap Jarot saat diwawancarai awak media.

Bupati Jarot mengilustrasikan bahwa saat ini karena kebutuhan konektivitas daerah bukan lagi tentang jalan antar wilayah tapi juga koneksi komunikasi, maka kebutuhan masyarakat untuk sinyal menjadi tinggi. Adanya handphone menjadikan kebutuhan untuk listrik murah sangat mendesak.

Baca Juga :  Problem Struktural Masih Menumpuk Setelah Era Baru

“Kita sudah bicara dengan pihak PLN Rayon Sintang, yah kita tunggulah tindaklanjutnya. Soal jalan, ini kita bawa perwakilan dari dinas terkait untuk mengecek langsung, nantinya kita harap dapat perhatianlah, jalan kita ni,” tukasnya.

Sementara anggota DPRD Kalbar, Krisantus yang turut hadir pada kunjungan itu menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk mengajak masyarakat berkumpul dan memanfaatkan fasilitas desa.

“Kami sangat mendukung perkembangan yang terjadi di daerah-daerah kita khususnya seperti di Kupan Jaya ini. Sebagai wakil rakyat, kami berusaha semampu kami untuk memfasilitasi pembangunan ini, baik itu melalui dialog dengan masyarakat, kita bantu mencariakn solusi dari permasalahan yang terjadi,” tukasnya.

Sementara Kepala Desa Kupan Jaya, Conatus, S.Sos menuturkan bahwa turnamen sepak bola Kupan Jaya Cup tahun 2019 ini diikuti sebanyak 65 tim yang terdiri dari berbagai desa di Kecamatan Tempunak. Bahkan, lanjut dia, tim dari Kabupaten Melawi dan Sekadau turut berpartisipasi pada turnamen tersebut.

“Tim-tim yang berpartisipasi datang dari berbagai desa di Kecamatan Tempunak, bahkan ada tim dari Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau,” tukasnya. Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Camat Tempunak, Paulinus, Kasat Pol PP Sintang, Martin Nandung. Tampak pula hadir perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang serta sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment