Panen Raya di Gang Hijau, Bupati Jarot Beberkan Sejumlah Alternatif Siasati Minimnya Lahan Perkebunan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan panen perdana hasil kebun warga di Gang Gamajaya, Desa Baning, Kota Sintang, Jumat (22/2/2019).

“Kita melihat kesadaran masyarakat kota, bahwa tanah tidak banyak sementara manusianya bertambah. Sehingga kita harus mengoptimalkan lahan di sekitar kita,” ujarnya.

Menurut orang nomor wahid di Bumi Senentang ini ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan warga perkotaan dalam mensiasati minimnya lahan perkebunan. Dapat menggunakan sistem penanaman hidroponik, vertikal, polybag dan menggunakan pot.

“Dengan adanya inisiatif kebun di pekarangan begini, kita harapkan ada bank sampah di lingkungan ini. Saya berharap hal ini dapat ditirulah oleh masyarakat yang lain,” harapnya.

Baca Juga :  Bupati Jarot Akan Usulkan Skenario Sintang Lestari Dijadikan Pembangunan Jangka Panjang ke Dewan

Bupati dan rombongan dari Solidaridad memetik kacang panjang, tomat, cabai, terung dan sawi yang ada ada dipekarangan warga tersebut. Puluhan warga sekitar yang didominasi oleh ibu-ibu kelompok wanita tani ikut serta dalam kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Yayasan Solidaridad Network Indonesia. Memorandum of Understanding (MoU) tersebut berisi tentang kesepakatan kemitraan strategis kedua belah pihak dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Sintang.

The Solidaridad Country Manager for Indonesia, Mr. Kulbir Mehta mengungkapkan rasa terima kasih dan senangnya atas kerjasama organisasi yang dipimpinnya dengan Pemerintah Kabupaten Sintang.  Menurutnya kerjasama ini akan menjadi contoh yang baik dalam keikutsertaan untuk mengatasi emisi karbon dan melakukan pertanian-perkebunan yang berkelanjutan.

Baca Juga :  Kurang dari 24 Jam, Pelaku Curanmor Berhasil Diamankan Polres Kapuas Hulu

“Kita juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan petani. Desa atau Gang Hijau kita harapkan tahun ini akan mendapat penghargaan dari kementrian lingkungan hidup,” tambahnya.

“Kami berterima kasih juga karna Bapak Bupati sudah mempercayai kami dan Keling Kumang untuk menjadi mitra pembangunan di Kabupaten Sintang,” kata Kulbir.

Turut hadir Gusti Mohhamad Hatta mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Ristek pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono.

Tampak pula hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Darmanata, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Veronika Ancili dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Zukarnaen serta sejumlah staff OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment