Camat Muara Pawan Harap Perekonomian Masyarakat Tumbuh Dengan Keberadaan KSU Gumapan

KalbarOnline, Ketapang – Koperasi Serba Usaha (KSU) Guru Muara Pawan (Gumapan), Kecamatan Muara Pawan, Ketapang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Kamis (21/2/2019). RAT yang dilaksanakan di aula kantor Camat Muara Pawan tersebut turut dihadiri oleh puluhan anggota aktif KSU Gumapan.

Selain anggota koperasi, turut hadir juga Camat Muara Pawan, Maisier, Perwakilan Dinas Pendidikan Ketapang, Mukhtar Efendi, Kadis Koperasi Ketapang, Abdul Hazar, Ketua KSU Gumapan, Sudarmadi dan pengurus koperasi Gumapan lainnya.

KSU Gumapan yang memiliki anggota aktif berjumlah 120 orang ini, terdiri dari guru SD dan SMP se-Kecamatan Muara tersebut telah berdiri selama 10 tahun sejak tahun 2009 lalu.

Baca Juga :  Satgas dan Warga Matangkan Persiapan Acara Puncak Penutupan TMMD 112 Kodim Ketapang

Ketua KSU Gumapan, Sudarmadi mengatakan sampai saat ini, untuk jenis usaha yang dilaksanakan oleh KSU Gumapan baru simpan pinjam.

“Sampai saat ini secara keseluruhan SHU berjumlah 79 juta. Yang dibagikan ke anggota sekitar 45 persen yakni 32 juta,” ujarnya.

Sudarmadi juga mengatakan, kedepan pihaknya berencana akan melakukan pengembangan usaha di bidang lainya selain simpan pinjam. Namun, ia mengaku saat ini masih terkendala waktu dan suntikan dana dari pihak ketiga.

“Dulu pernah mendapat dana hibah dari Dinas Koperasi Kabupaten Ketapang sebesar 50 juta pada tahun 2010. Kita berharap ada lagi suntikan dana dari pihak ketiga,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wabup Ketapang Hadiri Tradisi Penyalaan Keriang Bandong dan Festival Meriam Karbit di Kauman Ketapang

Sementara Camat Muara Pawan, Maisier berharap dengan hadirnya koperasi di Kecamatan Muara Pawan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat menyerap tenaga kerja baru khususnya bagi masyarakat Kecamatan Muara Pawan.

“Selain dapat meningkatkan perekonomian bagi anggota aktif yaitu guru, hadirnya koperasi seperti Gumapan atau lainnya tentunya kedepan agar dapat pula meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan membuka lowongan pekerjaan dan mengembangkan usaha,” ujar Maisier saat ditemui usai memberikan sambutan.

Selain itu Maisier juga berharap agar kedepan, SKU Gumapan dapat mengembangkan usaha lainnya. Jangan hanya terfokus pada usaha simpan pinjam, tetapi dapat mengembangkan usaha lain yang mempunyai nilai ekonomi luas sehingga juga berdampak bagi masyarakat sekitar. “Tentunya kita berharap juga agar dapat menyerap tenaga kerja di Kecamatan Muara Pawan,” tandasnya. (Adi LC)

Comment