Persiapan Menuju Desa Mandiri, Pemdes Sungai Ringin Gelar Monev

KalbarOnline, Sekadau – Sehubungan dengan telah dilaksanakannya pembangunan di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Pemerintah Desa Sungai Ringin menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan pembangunan di tahun anggaran 2018 yang dilangsungkan di Kantor Desa Sungai Ringin, Kamis (21/2/2019).

Monev ini juga sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan anggaran dana desa untuk masyarakat mengenai berbagai hal yang telah direalisasikan melalui anggaran tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid.

“Jadi Monev ini sebagai bentuk transparansi Pemdes Sungai Ringin dalam pengelolaan anggaran dana desa kepada masyarakat terkait apa-apa saja yang sudah direalisasikan melalui anggaran tersebut,” ujarnya.

Abdul Hamid juga mengatakan bahwa monev ini juga dimaksudkan untuk mengekspose hal-hal yang telah dilakukan Pemdes Sungai Ringin di beberapa titik wilayah dusun terkait pengerjaan pembangunan yang telah selesai dikerjakan.

“Monev adalah aspek yang penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan dana desa yang dilaksanakan. Monev ini juga untuk mengetahui dana yang dikelola pemerintah desa melalui mekanisme pelaporan secara berjenjang antar tingkat pemerintahan yang dilaksanakan oleh desa,” kata Abdul Hamid yang akrab disapa Anjang Jonok ini.

“Dengan adanya pembangunan yang dilaksanakan oleh desa dimaksudkan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Sungai Ringin. Sehingga dapat mendongkrak ekonomi rakyat melalui pembangunan jalan rabat beton, pembukan jalan baru di Dusun Sungai Putat termasuk taman desa dan penyelenggaraan bedah rumah,” timpalnya.

Turut hadir pula pada kesempatan ini, Plt Sekretaris Camat Sekadau Hilir, Sunardi yang turut memboyong tim yang terdiri dari Kasi PMD dan staf serta pendamping desa untuk turut serta dalam monev Desa Sungai Ringin ini.

Ia mengatakan bahwa kehadiran pihaknya guna memantau sejauhmana penyaluran dana desa serta perkembangan pelaksanaan kegiatan fisik dan pelaporannya menyangkut realiasi dan capaian hasilnya dari pengelolaan anggaran dana desa Sungai Ringin.

“Kami dari pihak kecamatan turut serta dalam monev ini lantaran desa Sungai Ringin ini merupakan salah satu desa yang akan menjadi desa mandiri. Jadi tujuannya untuk mengecek realisasi pengerjaan sehingga anggaran dana desa ini betul-betul digunakan desa itu sendiri,” kata Sunardi.

“Alhamdulillah setelah kita cek sama-sama beserta Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta pendamping desa dan beberapa staf lainnya dari kecamatan dan awak media yang ikut mengecek langsung ke lapangan ternyata sesuai dengan RAB. Apa yang kita lihat di lapangan ternyata benar. Kita berharap kedepan mudah-mudahan desa Sungai Ringin ini menjadi desa mandiri dan lebih baik lagi untuk kedepannya,” pungkasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar