by

Jadwal Lengkap Rangkaian Perayaan Cap Go Meh 2570 di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Momen yang tak bisa lepas setelah perayaan tahun baru Imlek 2570 tahun 2019 adalah perayaan Cap Go Meh (CGM). Puncak perayaan Cap Go Meh 2570 tahun ini jatuh pada 19 Feberuari 2019. Salah satu provinsi di Indonesia yang paling terasa meriah perayaan Cap Go Meh-nya adalah Kalimantan Barat (Kalbar).

Di Kalbar sendiri setidaknya ada 3 kota yang paling terasa perayaan Cap Go Meh, yakni Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Ketapang. Ketiga daerah ini menampilkan hal yang berbeda-beda dan memiliki daya tarik masing-masing.

Jika di Kota Singkawang menampilkan ritual tolak bala oleh ratusan tatung dan di Pontianak ada atraksi replika naga di sepanjang jalan, maka di Ketapang sendiri menampilkan atraksi keduanya, yakni pegelaran atraksi tatung dan replika naga.

Pagelaran budaya Tionghoa tersebut di Ketapang, telah dijadwalkan oleh Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Ketapang melalui rapat yang dilaksanakan, Jumat (15/2/2019) malam. Dari hasil rapat, ditetapkan kegiatan perayaan Cap Go Meh 2570 di Ketapang akan berlangsung selama tiga hari, yaitu dimulai dari, Minggu (17/2/2019) hingga Selasa (19/2/2019) dengan diakhiri ritual pembakaran Naga, Rabu (20/2/2019).

Berikut jadwal lengkapnya dari hasil rapat penetapan perayaan Cap Go Meh 2570 di Ketapang.

Minggu, 17 Februari 2019 (5 NAGA) Ritual Buka Mata (Mulai Pukul 07.30 Pagi ) Naga A, Naga B, Naga BPK-YDB, Naga Vihara Sila Maitreya Ritual Buka Mata di Kelenteng Tua Pekkong jam 07.30 WIB. Setelah buka mata Naga A, B, Naga BPK dan Naga Vihara Sila Maitreya Arak-Arakan menuju ke Tugu Tolak Bala dan memberikan penghormatan dan kembali ke Pekkong kunjungan ke rumah-rumah : NAGA A dan NAGA B (PEKKONG) dari Kelenteng-Merdeka Utara-Basuki Rahmat-Merdeka Utara-A. Yani Kiri-A Yani-Pasar Baru Blok A (Pai Chia)-Pasar Baru Blok B (Pai Chia)-M. Tohir (Onyx Hotel)-kembali masuk A Yani-Merdeka Utara-Jl. Setia Budi-Istirahat-Merdeka Utara-Dr Suharso-sampai Borneo Hotel balik arah-Dr Suharso-Merdeka Selatan-kembali ke Pekkong.

NAGA BPK-YDB (2 Naga) dan Naga Vihara Sila Maitreya dari Kelenteng Pekkong-MT Haryono-Suprapto-Sisingamaraja (Kwam Im)-Jln DI Panjaitan-Istirahat Makan-Jl. Panjaitan-Suprapto-K.H Mansyur (Kediaman Bpk Henrikus)-Suprapto-MT Haryono-sampai lampu merah balik kanan-MT Haryono-Diponegoro (SBM Balik Kanan)-MT Haryono-Merdeka Utara-Pekkong.

Senin, 18 Februari 2019 (4 NAGA) kunjungan ke rumah-rumah (Mulai pukul 07.30 pagi) NAGA BPK-YDB (2 Naga) dari Kelenteng-Merdeka Utara-Basuki Rahmat-Merdeka Utara-A. Yani Kiri-A Yani-Pasar Baru Blok A (Pai Chia)-Pasar Baru Blok B (Pai Chia)-M. Tohir (Onyx Hotel)-SMP PL ST ALBERTUS-SD PL ST YOSEPH-A YANI-Merdeka Utara-Jl. Setia Budi-istirahat-Merdeka Utara-Dr Suharso-sampai Borneo Hotel balik arah-Dr Suharso-Merdeka Selatan-kembali ke Pekkong.

NAGA A dan NAGA B (PEKKONG) dari Kelenteng Pekkong-MT Haryono-Suprapto-Sisingamaraja (Kwam Im)-Jln DI Panjaitan-naik truk ke kediaman Bpk Roni KTU-istirahat makan-Jl. Panjaitan-Suprapto-K.H Mansyur (Kediaman Bpk Henrikus)-Suprapto-MT Haryono-sampai lampu merah balik kanan-MT Haryono-Diponegoro (SBM Balik Kanan)-MT Haryono-Merdeka Utara-Pekkong 16 Tatung akan mengadakan ritual cuci jalan, di mulai dari kelenteng Tua Pekkong Pukul 14.00 sampai dengan selesai.

Selasa, 19 Februari 2019 (5 NAGA + 1 BURUNG PHEONIX + 36 TANDU TATUNG ) Cap Go Meh pagi (mulai pukul 07.30 pagi). Rute Naga A, B, Naga BPK-YDB, Naga Vihara Sila Maitreya, Burung Pheonix start dari Kelenteng Tua Pekkong-Tugu Tola Bala-Pasar Kayong-Suharso-RA Kartini-(SD PL St Yoseph dan SMP PL St Albertus)-Pasar Baru Blok A-Diponegoro-MT Haryono-Merdeka-Pekkong kemudian menggunakan kendaraan truk ke : 1. Kantor Bupati Ketapang (10.00) 2. Kantor Pengadilan Negeri Ketapang (11.00 wib).

Kantor DPRD Ketapang (11.15) 4. Istirahat Makan di kediaman Bpk Ameng 5. Kodim Kabupaten Ketapang (12.15) 6. Kantor Polres Ketapang (12.30) 7. Pendopo Bupati (13.15) 8. Kembali ke Kelenteng Pekkong Kunjungan ke Kejaksaan tahun ini ditiadakan karena berhubungan adanya pekerjaan renovasi gedung kejaksaan negeri. Rute khusus arak-arakan tatung start dari Kelenteng Tua Pekkong-Tugu Tola Bala-Pasar Kayong-Suharso-RA Kartini-Pasar Baru Blok A-Diponegoro-MT Haryono-Belok Kiri-sampai Bundaran belok kanan ke Suprapto-Bundaran Agus Jam-DI Panjaitan-Karya Tani-Lingkar Kota-Kelenteng Kong Hu Cu-Selesai. Cap Go Meh Malam (Pukul 19.00 – Selesai) · start dari kelenteng Tua Pekkong-Merdeka-Pasar Kayong-Suharso-Sutomo-Sumoharjo-Jend. Sudirman-MT Haryono-Merdeka-Kelenteng-selesai para peserta pawai kumpul dan disusun di Jln MT Haryono.Rabu, 20 Februari 2019 NAGA BPK akan mengunjungi sponsor menggunakan truk ritual tutup mata dan bakar naga (Mulai Pukul 15.30) start dari kelenteng menuju ke TPU Payak Kumang-Selesai. (Adi LC)

Comment

News Feed