by

Rusman Ali : Keharmonisan Jadi Kunci Utama

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengungkapkan kunci sukses menjadi pemimpin adalah salah satu yang utamanya yakni menjaga keharmonisan. Menurutnya jika diantara pemimpin harmonis maka staf dan pegawainya akan mengikuti.

Akan tetapi jika antara pemimpin sudah tidak harmonis, masing-masing jalan sendiri-sendiri, maka staf sampai pegawainya juga akan repot dan tidak akan bisa harmonis. Di samping itu pekerjaan pasti akan terganggu.

Hal tersebut diungkapkan Rusman Ali saat silaturahmi dengan Bupati Kayong Utara, Wakil Bupati Kayong Utara, Pj Sekda Kayong Utara dan para kepala OPD Kayong Utara, di Istana Rakyat Kayong Utara, Minggu (10/2/2019).

Rusman Ali mengatakan dengan hubungan yang harmonis, komunikasi yang baik maka setiap kebijakan dan program dikawal dan dikerjakan bersama-sama. Karena tidak ada blok-blok baik antara sesama pegawai maupun antara pimpinan dengan pegawai maupun staf.

“Salah satu kunci utama adalah keharmonisan. Jika kita para pemimpin harmonis, maka dibawah akan mengikuti. Akan tetapi jika para pemimpin jalan masing-masing. Maka dibawah baik staf, pegawai akan membentuk blok-blok masing-masing. Misalnya, akan ada pegawai yang tak mau menghadap Wakil Bupati karena merasa orangnya Bupati, tidak mau diperintahkan Sekda karena tidak sejalan dengan Bupati atau wakilnya,” terang Rusman Ali dihadapan Bupati dan Wakil Bupati serta OPD Kayong Utara.

Dikatakan Rusman Ali, kelihatannya sangat sederhana bila berbicara keharmonisan akan tetapi sangat besar pengaruhnya terhadap setiap keputusan dan kebijakan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan serta pembangunan kepada masyarakat.

Rusman Ali mencontohkan bagaimana dirinya membangun keharmonisan antara pemimpin di Kubu Raya. Dikatakannya, kemajuan yang dicapai Kubu Raya saat ini adalah buah kerja keras bersama-sama. Karena semuanya harmonis.

Baca Juga:  Salut, Ini Syarat Masuk SMP Negeri di Kubu Raya

“Alhamdulillah, selama saya dan pak Hermanus memimpin Kubu Raya, tidak ada namanya pegawai orangnya Bupati, orangnya Wakil, orangnya Sekda. Kita semua bekerja bersama-sama, kompak bergandengan tangan membangun Kubu Raya. Sehingga Kubu Raya sekarang jauh lebih maju. Banyak pencapaian dan prestasi yang kita torehkan. Masyarakat juga menikmati pelayanan yang baik dan mudah. Akses jalan yang baik dan berkualitas. Sehingga ekonomi masyarakat terus tumbuh dengan sangat baik,” tukas Rusman Ali.

Rusman Ali mengatakan sebaliknya, apabila para pemimpin sudah tdak sejalan dalam menentukan kebijakan dan mengambil keputusan. Maka akan sangat besar pengaruhnya terhadap pelayanan kepada masyarakat. Suasana tidak kondusif tersebut akan memicu kekacauan dalam pelayanan dan pembangunan kepada masyarakat.

Sementara Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengatakan dirinya sangat banyak belajar dari apa yang telah dilakukan oleh Bupati Rusman Ali di Kubu Raya. Menurutnya, kebijakan dan program yang telah dilakukan Rusman Ali di Kubu Raya sudah sangat banyak membawa perubahan kemajuan terhadap daerah tersebut.

“Saya banyak belajar dari beliau, beliau adalah pemimpin yang sangat luar biasa. Beliau tegas namun juga mampu menciptakan suasana dan situasi kondusif, suasana kekeluargaan dengan staf dan pegawai. Tidak ada jarak antara Bupati, Wakil, Sekda. Dalam situasi tertentu semua seperti saudara dan teman. Tetapi dalam kedinasan beliau sangat tegas. Ini tidak dimiliki banyak pemimpin kemampuan seperti ini,” ujar Citra Duani.

Dikatakan Citra, Kubu Raya dengan Kayong Utara memiliki hubungan yang sangat baik. Di samping daerahnya berbatasan langsung, juga masyarakat di perbatasan kedua daerah tersebut sangat bersahabat dan saling menghargai.

“Di perbatasan wilayah, sebagian anak-anak kami sekolah di Kubu Raya, demikian juga sebaliknya. Sebagian warga kami menjual hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan hasil-hasil masyarakat lainnya di Kubu Raya dan demikian juga sebaliknya. Ini harus terus kita jaga hubungan baik untuk saling mendukung sehingga kita maju bersama-sama,” terang Citra.

Baca Juga:  Natal 2018, Wabup Hermanus Harap Masyarakat Saling Mengasihi : Jaga Keharmonisan

Citra juga sangat mengapresiasi semua kemajuan dan prestasi Kubu Raya yang ditorehkan oleh Rusman Ali dan Hermanus. Menurutnya, dalam lima tahun terakhir ini Kubu Raya mengalami kemajuan yang sangat signifikan disegala bidang. Baik infrastrukturnya maupun kemajuan ekonomi masyarakatnya. Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi Kubu Raya diatas pertumbuhan ekonomi nasional dan Kalbar hal  sangat luar biasa. “Kita sangat mengapresiasi, kita tentu semua tahu bagaimana majunya Kubu Raya selama beliau mimpin. Sebagai tetangga kita juga mengetahui kemajuan-kemajuan yang nyata yang dialami Kubu Raya selama beliau berdua dan pak Hermanus memimpin. Infrastrukturnya sudah sangat baik, pertumbuhan ekonominya sangat baik dan kita akan pelajari juga strategi dan ilmu beliau dalam menjalankan tugas sebagai Bupati,” tutur Citra. (ian)

Comment

Terbaru