Plh Bupati Sanggau Tanam Padi Perdana di Dusun Sengkuang

Pasca Cetak Sawah 2018

KalbarOnline, Sanggau – Plh Bupati Sanggau, A. Leysandri, SH bersama masyarakat melakukan tanam perdana padi pasca kegiatan cetak sawah tahun 2018 di Dusun Sengkuang, Desa Sungai Muntik, Kecamatan Kapuas, Rabu (13/2/2019).

Pada kesempatan itu, Plh Bupati hadir bersama istri, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar yang diwakili Kasi Perluasan Lahan. Turut pula hadir Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, S.IK., MH, perwakilan Dandim Sanggau, staff ahli Bupati Sanggau, Ignatius Iranto, S.Sos., M.Si, Kadis Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau beserta pejabat yang mewakili, Camat Kapuas, Drs. Alipius, M.Si beserta istri, Kades Sungai Muntik, Hariyanto, pihak perusahaan, perbankan, tokoh masyatakat, tokoh adat, tokoh agama beserta seluruh lapisan masyarakat Desa Sungai Muntik.

Kedatangan Plh.Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh lapisan masyarakat Desa Sungai Muntik, serta diringi dengan tarian khas Melayu dan daerah ketika hendak menuju ke tempat yang sudah disediakan panitia pelaksana kegiatan ini.

Kades Sungai Muntik, Hariyanto menyampaikan terima kasihnya kepada Plh.Bupati Sanggau beserta rombongan yang sudah berkenan hadir pada tanam perdana padi di Dusun Sengkuang, Desa Sungai Muntik ini.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini bekerjasama dengan Kodim/1204 Sanggau yang sudah memberikan bantuan berupa benih beras unggul dan alat-alat pertanian kepada masyarakat, dengan harapan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Sungai Muntik kedepannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Buka Penyusunan Rencana Teknis SKPD Kesbangpol se-Kalbar, Ini Kata Yohanes Ontot

Sementara Dandim Sanggau yang diwakili oleh Agus Maulana menyampaikan bahwa tugas pokok TNI adalah membantu kelancaran program-program pemerintah daerah dalam hal membangun perekonomian masyarakat dan infrastruktur di daerah pedalaman.

“Pada hari ini dapat kita saksikan bersama tanam perdana padi di Desa Sungai Muntik dan ini salah satu wujud nyata kerjasama TNI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam meningkatkan ketersedian beras serta perekonomian masyarakat. Terima kasih kami ucapkan kepada para petani yang ada di Kabupaten Sanggau yang sudah semangat dalam memanfaatkan kesempatan seperti ini dengan baik,” ungkap Dandim.

Sementara Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa cetak sawah di Kabupaten Sanggau mendapat bagian sebesar 200 hektar dari 500 hektar se-Provinsi Kalbar.

“Berbicara tentang cetak sawah ini bahwa Kabupaten Sanggau mendapat kebagian 200 H dari 500 H se-Provinsi Kalbar, yang mana cukup luas yang telah diberikan kepada Kabupaten Sanggau, agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kegiatan ini tentunya bekerjasama dengan pihak Kodim/1204 Kabupaten Sanggau, yang mana mereka berkaitan dengan cetak sawahnya dan Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau memberikan benih padi unggul, pupuk dan alat-alat pertanian kepada masyarakat. Sehingga untuk bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Sungai Muntik, dengan harapan kepada masyarakat yang sudah mempunyai sawah atau ladangnya untuk bisa terus bertanam, karena semakin sering kita bertanam maka tanah akan semakin subur. Semoga Desa Sungai Muntik bisa menjadi lumbung pangan untuk Kecamatan Kapuas dan pada umumnya untuk Kabupaten Sanggau,” tukasnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kenaikan Harga Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri, Ini Langkah Pemkab Sanggau

Plh Bupati Sanggau, A. Leysandri mengaku bangga dapat hadir di Desa Sungai Muntik ini untuk melakukan tanam padi perdana. Selain itu dirinya juga berpesan kepada pihak perusahaan agar dapat berkontribusi kepada warga setempat.

“Kami senang bisa hadir disini dalam rangka tanam perdana padi di Desa Sungai Muntik. Juga menghimbau kepada pihak perusahaan disini agar bisa memberikan bantuan kepada masyarakat seperti benih padi unggul, pupuk dan bahkan cetak sawahnya sehingga masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut guna untuk meningkatkan ketersediaan lumbung pangan di Kabupaten Sanggau serta untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Menyikapi hal tersebut maka perlu kerjasama kita semua untuk bisa mewujudkan apa yang kita inginkan untuk Kabupaten Sanggau maju dan terdepan,” pungkasnya. (WWP)

Comment