Bawaslu Benarkan Tabloid Indonesia Barokah Masuk Kalbar, Jumlahnya Capai Ribuan Eksemplar

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah membenarkan tabloid Indonesia Barokah telah masuk di Pontianak, Kalimantan Barat.

Ruhermansyah memastikan bahwa tabloid yang dikirim melalui PT Pos Indonesia ke Pontianak itu benar merupakan tabloid Indonesia Barokah.

“Tabloid Indonesia Barokah yang dimaksud adalah yang sama dengan daerah lainnya,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media via WhatsApp, Sabtu (9/2/2019) siang.

Ruhermansyah turut mengungkapkan jumlah tabloid yang berisikan konten tendensius terhadap pasangan capres-cawapres RI nomor urut 02 itu sebanyak 2465 eksemplar, yang terbagi dalam 26 koli paket kiriman.

“Bawaslu mengidentifikasi jumlah dan tujuan dari tabloid Indonesia Barokah untuk dituangkan ke dalam form A pengawasan,” terangnya.

Tak sampai disitu, Ruhermansyah juga mengungkapkan bahwa tabloid itu rencananya akan didistribusikan ke masjid-masjid di 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat.

“Sementara Kabupaten Kayong Utara yang belum terdeteksi sebagai tempat tujuan,” ucapnya.

Kendati demikian, Ruhermansyah menuturkan bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti siapa pengirim tabloid tersebut. Pihaknya, lanjut dia, sudah melakukan koordinasi dengan Polda Kalbar untuk diselidiki lebih lanjut.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polri (Polda Kalbar) dan lebih lanjut menjadi kewenangan pihak Polri,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa sebanyak 11 karung paket berisikan tabloid ‘Indonesia Barokah’ ditemukan di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) PT Pos Indonesia atau Kantor Pos lama di Jalan Rahadi Oesman No 1 Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (8/2/2019) siang.

Hal ini turut dibenarkan Kepala Kantor PT Pos Pontianak, Zaenal Hamid. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Kalbar, Bawaslu dan BAIS.

“Kita sudah koordinasi dengan Polda, Bawaslu dengan BAIS bahwa semua penanganan itu sudah ditangani oleh Polda,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media via telepon, Jumat (8/2/2019) siang.

Saat ini, kata dia, paket tersebut sedang diperiksa oleh pihak Polda Kalbar.Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian perihal ditemukannya belasan paket berisikan tabloid Indonesia Barokah ini. (Fat)

Tinggalkan Komentar