Maulid Tradisional di Desa Mungguk Berlangsung Semarak

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau melanjutkan Maulid Nabi Muhammad 1440 Hijriah yang dilaksanakan keliling dari Masjid ke Masjid. Kali ini maulid tradisional itu berlangsung di Masjid At-Mutmainah Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (5/2/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Narkoba Polres Sekadau, AKP Suparwoto, SIP, Ka SPKT Polres Sekadau, IPDA Sudarsono, S.Sos, Ketua MUI Kyai Muhdlar, S.Pd.I., MM, Kabag TU Kemenag Sekadau, H. Suprapto, S.Pd.I, Ketua umum MTAMT, H. Abdul Bakar, HA, Ketua BAZNAS Sekadau, H. Djafar A. Rachman, S.Sos., M.Si, para alim ulama dan peserta maulid tradisional.

Shalawat yang dilantunkan para pmenggema yang bertujuan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad sebagai tuntunan kehidupan umat Muslim di dunia. Maulid kali ini mengusung tema ‘mari kita pererat ukhuwah Islamiah dalam penyatuan umat’.

Ketua panitia kegiatan, Abdul Manan, S.Pd mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan yang telah sudi menghadiri Maulid Tradisional di Masjid At-Mutmainah Desa Mungguk.

“Mohon maaf karena fasilitas mesjid masih berantakan akibat renovasi yang masih berjalan,” ujarnya.

“Sesuai tema acara maulid tradisional ini, untuk itu diharapkan pada pemilu 2019 ini kita pererat persatuan dan kesatuan terutama umat Islam jangan sampai terpecah belah,” ajaknya.

Sementara Kasubag TU Kemenag Sekadau, H. Suprapto, S.Pdi selaku perwakilan dari Kemenag Sekadau menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kakankemenag Sekadau yang sedang menjalani tugas di luar daerah.

“Kakankemenang tidak dapat hadir karena sedang ikut rakor haji di Pontianak,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi maulid tradisional yang diselenggarakan ini. Menurutnya selain untuk memupuk tali silaturahim antara sesama kaum muslimin juga untuk menjaga marwah seni budaya tradisional.

“Memupuk tali silaturahmi antar sesama kaum muslimin, menjaga marwah seni budaya tradisional dan yang terpenting adalah sebagai bukti bagaimana diri kita mencintai Rasulullah melalui shalawat-shalawat Nabi,” tukasnya.

Sementara Kasat Narkoba AKP Suparwoto, SIP sebagai perwakilan Polres Sekadau mengucapkan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kapolres.

Pada kesempatan itu, dirinya memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas undangan oleh panitia.

“Terima kasih sudah mengundang kami dari Polres Sekadau,” ucapnya.

Suparwoto dalam kesempatan itu menyampaikan situasi kamtibmas Kabupaten Sekadau yang secara umum sangat kondusif dan terkendali. Menurutnya, hal ini berkat kerjasama antara aparat pemerintah/Kepolisian dengan masyarakat.

“Seluruh wilayah Indonesia sedang melaksanakan Operasi Mantap Brata dimana situasi yang akan dihadapi terkait Pemilu legislatif dan pilpres, dinamika situasi yang ada setiap kita tinggal pasti ada perbedaan baik itu suku agama dan itu adalah suatu warna dan perbedaan harus kita satukan sesuai yang tertera dalam pilar kebangsaan,” tukasnya.

“Kita harus menjaga situasi dan kami dari pihak kepolisian sangat berharap untuk bisa bersama kami bergandengan tangan menjaga situasi daerah kita masing-masing,” timpalnya.

Pada kesempatan itu, Suparwoto juga menginformasikan terkait rekrutmen anggota Polri. Ia berharap masyarakat Sekadau untuk mendaftar.

“Untuk jadwal sekitar bulan Maret 2019. Untuk itu kepada bapak dan ibu segera persiapkan dan daftarkan anaknya mengikut tes masuk Polri melalui website resmi polri, tanpa dipungut biaya.”

“Kami dari pihak Kepolisian berharap bapak dan ibu dapat menjaga keluarga terutama anaknya dari bahaya pergaulan baik itu bahaya narkoba guna menghadapi generasi yang akan datang,” pungkasnya.

Ia juga menginformasikan bahwa tanggal 3 Maret 2019 mendatang Polres Sekadau akan melaksanakan Milenal Road Safety Riding.

“Akan dilaunching pada 3 Maret 2019 yaitu kegiatan yang mengarah pada keselamatan berlalu lintas,” tutupnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar