KPU Kubu Raya Imbau Masyarakat Kunjungi RPP

KalbarOnline, Kubu Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU untuk edukasi para pemilih. Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Musa mengatakan RPP adalah program KPU pusat yang disampaikan ke KPU Kabupaten/Kota.

Ia menerangkan RPP bertujuan menginformasikan kepada publik terkait hal-hal yang berkaitan dengan proses pemilu secara utuh. Menurutnya, selama ini masyarakat hanya sekadar mengetahui proses pencoblosan.

“Padahal seyogyanya Pemilu adalah tahapan yang sangat panjang,” ujarnya, Senin (4/2/2019) kemarin.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Anggarkan Rp39 Miliar Untuk Pilbup

Musa menyatakan RPP juga menjadi upaya KPU dalam mendongkrak peran serta dan partisipasi masyarakat pemilih. Makna dari ‘rumah pintar’, menurut dia, adalah mendorong partisipasi pemilih dimana Pemilu yang demokratis selalu menuntut sebuah partisipasi.

Dan ukuran partisipasi pemilih secara kuantitatif diukur dari sejauh mana tingkat dan jumlah masyarakat hadir dan memberikan hak pilih secara sadar dan bertanggung jawab di tempat pemungutan suara.

Baca Juga :  Kelapa Melimpah, Dari Rp3600 Nilai Jual Kopra Hanya Naik Rp200

“RPP ini sengaja didesain sederhana di kantor KPU dengan  dibuat di dinding dalam bentuk panel informasi yang memuat data-data pemilihan. Dalam panel itu dikelompokkan tentang sejarah pemilu, kemudian tentang pentingnya demokrasi dan sistem pemilu di Indonesia, tahapan pemilu, proses pemilu, peserta pemilu, profil penyelenggara pemilu, dan pengetahuan pemilu,” tuturnya memaparkan.

Karena itu, Musa berharap keberadaan RPP dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuannya terkait kepemiluan.

“Kami meminta masyarakat jangan segan-segan untuk datang ke KPU agar mendapatkan informasi khususnya terkait pemilu,” ajaknya. (ian/rio)

Comment