Kebakaran Hiasi Malam Pergantian Tahun Baru Imlek 2019 di Gajahmada Pontianak, Ini Penjelasan Kapolresta

KalbarOnline, Pontianak – Peristiwa kebakaran menghiasi malam pergantian tahun baru Imlek 2570 tahun 2019 di Jalan Gajahmada, Pontianak, Senin (4/2/2019) sekitar pukul 23.50.

Hal ini turut dibenarkan Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Muh Anwar Nasir.

Anwar Nasir menjelaskan bahwa kejadian bermula saat seorang pembeli kembang api membeli kembang api persis di depan toko handphone GH Shop. Si pembeli, jelas Kapolresta, hendak langsung mencoba kembang api yang dibelinya itu persis di depan lapak penjual kembang api.

“Lalu si pembeli ini hendak langsung mencoba kembang apinya persis di depan lapak penjual kembang api di depan toko handphone GH Shop itu. Sudah ditegur oleh sang penjual, namun tak diindahkan oleh si pembeli tersebut. Setelah dinyalakan, kembang api itu mengenai kembang api yang masih terpajang di lapak si penjual sehingga terjadi kebakaran dan membuat panik masyarakat sekitar,” ujar Kapolresta saat dikonfirmasi di pos pengamanan Imlek di Jalan Gajahmada, Selasa (4/2/2019) pukul 01.33.

Namun, lanjut Kapolresta, peristiwa tersebut berhasil diatasi pihaknya bersama relawan pemadam kebakaran Kota Pontianak.

“Sebelumnya kita juga sudah standby-kan mobil watercanon, tak lama kemudian disusul belasan relawan pemadam kebakaran. Alhamdulillah bisa teratasi. Tadi saya juga ikut membantu, kita amankan sepeda motor dan mobil yang persis berada di lokasi titik kebakaran kembang api tersebut,” tukasnya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kata Anwar, kerugian materil ditaksir mencapai Rp148 juta.

“Untuk korban nihil. Kerugian materil ditaksir mencapai Rp148 juta yang merupakan kembang api itu sendiri dan kerugian materil lainnya berupa tenda lapak penjual kembang api,” jelasnya.

“Alhamdulillah hingga saat ini sudah berlangsung dengan baik, lancar kembali dan situasi aman terkendali,” pungkasnya.Sebelum berseliweran video amatir peristiwa kebakaran detik-detik jelang pesta kembang api dalam rangka menyemarakkan malam pergantian tahun baru imlek 2570 di Jalan Gajahmada Pontianak. Dalam video tersebut, masyarakat sekitar lokasi tampak kocar kacir. Tampak pula aparat TNI dan Kepolisian yang bersiaga di lokasi turut membantu memadamkan api dengan alat seadanya. (Fat)

Tinggalkan Komentar