HUT ke-62 Pemprov Usung Konsep Pakaian Adat Daerah, Sutarmidji : Sarat Pesan Persatuan

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar upacara peringatan HUT ke-62 Pemprov Kalbar yang dilangsungkan di halaman kantor Gubernur Kalbar, Senin (28/1/2019).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji diikuti pula Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Pj Sekda Kalbar dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kalbar serta ribuan pegawai baik ASN, tenaga honor dan tenaga kontrak di lingkungan Pemprov Kalbar.

Turut pula hadir unsur forkopimda Kalbar, Kepala Daerah kabupaten/kota, pimpinan lintas sektoral dan instansi vertikal, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga besar Pemerintah Provinsi Kalbar.

Berbeda dari perayaan HUT Pemprov Kalbar pada tahun-tahun sebelumnya, peserta upacara HUT Pemprov kali ini tak mengenakan seragam dinas. Untuk pertama kalinya, para peserta upacara mengenakan pakaian adat tradisional daerah dari 34 provinsi se-Indonesia.

Konsep ini sengaja diusung oleh Pemprov Kalbar pada upacara puncak tahun 2019 ini dengan tujuan harmonisasi dalam keberagaman. Sarat akan pesan persatuan, kesatuan dan perdamaian khususnya di Kalbar.

Baca Juga :  Lismaryani ke Relawan PMI: Nama Baik Memang Tidak Diperlombakan Tapi Harus Dipertahankan

Hal ini turut diakui pula oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Dirinya ingin Kalbar ini dibangun secara bersama-sama agar tercipta suatu percepatan-percepatan demi Kalbar yang lebih maju dan sejahtera kedepan.

“Kalbar ini sangat heterogen, saya ingin kita membangun Kalbar secara bersama supaya ada percepatan-percepatan. Kalau ada masalah yang berkaitan dengan hal-hal yang sensitif, kita selesaikan secara bersama. Bagi saya, semua komponen masyarakat harus diajak bersama-sama membangun Kalbar,” ujarnya.

Sutarmidji menegaskan tak akan menutup diri untuk bekerjasama dengan semua pihak, termasuk para pemimpin terdahulunya dan lawan politik kala Pilkada lalu.

Untuk itu, orang nomor satu di Bumi Tanjungpura ini mengaku bersyukur pada HUT ke-62 Pemprov Kalbar, semua pihak hadir, termasuk Gubernur Kalbar periode 2008-2018, Cornelis, para pensiunan PNS Kalbar dan tokoh masyarakat lainnya.

Baca Juga :  Edi Kamtono Sebut Perpanjangan PPKM Level Empat Tunggu Hasil Evaluasi

“Ini merupakan modal sosial bagi Pemprov Kalbar untuk membangun ke depan. Kita harus selesaikan bersama berbagai persoalan yang ada di Kalbar untuk anak cucu kita,” pungkasnya.

Upacara turut dirangkaikan dengan penganugerahan Satya Lancana Karya Satya (SLKS) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar.

Penghargaan disesuaikan dengan masa bhakti PNS muali dari 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Penganugerahan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalbar kepada perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Satu diantara pejabat yang meraih SLKS 30 tahun yakni Pj. Sekda Kalbar, Syarif Kamaruzaman.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan lomba parade busana daerah. Parade ini merupakan lomba antar OPD di lingkungan Pemprov Kalbar dan forkompinda Kalbar.

Gubernur Sutarmidji didampingi istri yang merupakan Ketua TP PKK Kalbar, Lismaryani Sutarmidji didapuk menjadi juri kehormatan. Berdasarkan hasil akhir penilaian, tim Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII/Pontianak menjadi juara umum pada lomba parade busana daerah HUT ke-62 Pemprov Kalbar tahun 2019 ini. (Fai)

Comment