Hadiri Perayaan Natal Oikomene I Dayak Suku Undau, Ini Harapan Bupati Jarot

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri Perayaan Natal Oikomene ke-I Dayak Suku Undau di GKII Filip Montap, Desa Mombai Begunung, Kecamatan Kayan Hilir, Minggu (20/1/19).

Perayaan natal yang mengusung sub tema ‘melalui natal ini kita bangun semangat persatuan, kebersamaan dan tetap kokoh dalam mempertahankan keutuhan NKRI yang berbingkai Bhineka Tunggal Ika’ ini juga dirangkaikan dengan penyerahan dokumen AD/RT dan Buku adat Sub Suku Undau kepada Kepala Suku Undau.

Bupati Jarot dalam sambutannya mengaku bahagia dapat hadir langsung untuk menghadiri perayaan natal oikomene dayak suku undau ini. Menurutnya perayaan ini menunjukkan eksistensi Dayak Suku Undau di Kabupaten Sintang, terlebih sudah dibukukannya buku adat sub suku undau dan juga adanya dokumen angaran dasar dan rumah tangga sub suku undau yang merupakan hasil dari musyawarah adat (musdat) tahun 2018 lalu yang mana dirinya juga hadir langsung dalam musdat tersebut.

“Saya hadir langsung saat musdat sub suku undau tahun lalu dan yang saya serahkan tadi merupakan produk yang di hasilkan pada musdat tersebut, untuk itu tolong dijaga sehingga kedepannya buku adat ini menjadi pegangan suku dayak undau,” kata Bupati Jarot.

Baca Juga :  Loket Layanan BPPRD Kubu Raya, Kembali Buka 20 Juni

Untuk itu, dijelaskan Bupati bahwa dengan telah dibukukannya buku adat Sub Suku Undau Kayan Hilir dan Kayan Hulu yang sudah terdokumentasikan dan juga dengan telah ditetapkan kepengurusan sub Suku Undau yang jelas dan telah di SK-kan, maka hal tersebut telah menunjukan Sub Suku Undau telah menunjukan jati dirinya, bahwa Sub Suku Undau ada kemudian Sub Suku Undau sudah dikenal.

“Dimana pada hari ini dibuktikan dengan adanya natal oikomene bersama ke-1 dayak suku undau di GKII ini, banyak masyarakat lain yang hadir membantu kegiatan ini, tetapi harapan saya adalah suatu saat sub suku undau dikenang karena sub suku undau menjadi lebih jaya kedepannya lagi,” harap Bupati.

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini juga berpesan melalui Perayaan Natal Oikomene ini, Dayak Suku Undau tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa, dengan selalu menjalin tali silaturrahmi dengan suku dan agama lainnya sehingga itulah modal sosial untuk membangun, terlebih memang Kabupaten Sintang ini merupakan daerah yang majemuk terdiri dari berbagai suku dan agama yang ada.

Baca Juga :  Bupati Sintang Hadiri Penilaian Lomba P2W-KSS Tingkat Provinsi Kalbar di Desa Sungai Pukat

Di tempat yang sama, Kepala Suku Undau yang juga Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Antonius Boli mengatakan Natal Oikomene ke-1 ini merupakan wujud kebersamaan masyarakat dayak suku undau, terlebih sudah adanya kepengurusan suku undau dan buku adat suku undau hasil dari pada musdat tahun 2018 lalu.

“Terima kasih kepada Pak Bupati yang telah hadir langsung dalam natal oikomene ini, beliau juga tadi menyerahkan langsung buku adat suku undau, dimana buku adat suku undau tujuannya untuk lebih memperjelas adat istiadat suku undau dalam sebuah tulisan buku yang fungsinya sebagai pegangan suku undau dalam mejalankan roda kehidupan,” jelas Boli.

Turut pula hadir mendampingi Bupati, Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Syarifudin, Sekretaris Pol PP Kabupaten Sintang, Mawardi. Hadir juga Anggota DPRD Kabupaten Sintang yang juga Kepala Suku Undau, Antonius Boli, unsur Forkopimcam Kayan Hulu dan tamu undangan lainnya. (*/Sg)

Comment