by

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api

KalbarOnline, Pontianak – Musibah kebakaran kembali melanda Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (22/1/2019) sekitar pukul 01.45 dini hari.

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api 2

Lokasi kebakaran tepatnya berada di HOS Cokroaminoto, Gang Ramin, Kelurahan Merdeka Timur, Kecamatan Pontianak Kota yang persis berapa di samping Kampus Widya Dharma, Kota Pontianak.

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api 3

Pada peristiwa ini, sedikitnya 11 rumah tinggal ludes dilahap api.

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api 4

Sebagian rumah di lingkungan padat penduduk itu tampak rata dengan tanah. Sementara beberapa yang lain terlihat rusak parah.

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api 5

Kebakaran tersebut diduga kuat terjadi lantaran korsleting arus listrik dari salah sebuah rumah yang terdampak musibah tersebut.

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api 6

Sularso, salah seorang korban peristiwa nahas tersebut yang rumahnya turut terbakar mengatakan bahwa api sangat cepat merembet ke rumah-rumah lain melalui kabel listrik.

“Api berasal dari rumah belakang, selang 15 menit menyambar ke rumah-rumah bagian depan melalui kabel listrik,” ujar Sularso seraya menunjukkan lokasi awal mula kebakaran.

Dirinya mengaku tak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan seluruh bagian rumahnya. Bahkan dirinya dan keluarga tak bisa menyelamatkan apapun selain kendaraan.

“Kendaraan saja yang bisa diselamatkan. Yang lain tidak bisa. Barang-barang di rumah ikut terbakar semua. Habis semua,” ujarnya.

Hal yang sama turut dialami Eki, salah seorang korban lainnya.

Eki juga mengaku tak bisa menyelamatkan apapun selain surat-surat penting milik keluarganya.

“Api udah besar di seberang rumah. Jadi saya menyelamatkan barang apa yang bisa diselamatkan. Seperti kendaraan, surat-surat, ijazah yang kebetulan ada di depan mata,” terangnya.

Keduanya mengaku akan mengungsi sementara ke rumah keluarga dan mengharapkan ada bantuan dari pihak terkait.

Sementara Usman, salah seorang anggota pemadam kebakaran menjelaskan, petugas dapat meredam amukan si jago merah setelah 2 jam berjibaku.

11 Rumah di HOS Cokroaminoto Pontianak Ludes Dilahap Api 7

“Proses pemadaman kurang lebih 2 jam. Kami di TKP dari jam 02.00 WIB. Selesai jam 04.00 WIB. Pagi ini kita memadamkan puing-puing yang masih menyala,” jelasnya.

Personil, lanjutnya, bahkan mengelilingi lokasi sekitar TKP agar api tidak merembet ke lingkungan sekitar.

Usman menuturkan, sulitnya mendapatkan sumber air di lingkungan padat itu, ditambah warga yang panik dan memadati lokasi, menjadi kendala petugas dalam proses pemadaman.

“Kendalanya sumber air. Sumber air di lokasi ini sangat sulit dan juga mau ambil air itu sangat jauh, di tepian jalan merdeka. Lokasi yang sempit, warga yang memadati lokasi juga mempersulit proses pemadaman,” pungkasnya.

Hingga saat ini belum ada keterangan dari pihak terkait namun warga setempat memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas tersebut. (Fat)

Comment

News Feed