Wabup Askiman Hadiri Perayaan Natal Oikumene Perdawika : Hikmah Bagi Semuanya

13
Wakil Bupati Sintang, Askiman memberikan sambutannya pada saat menghadiri natal oikumene Perdawika
Wakil Bupati Sintang, Askiman memberikan sambutannya pada saat menghadiri natal oikumene Perdawika (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman bersama ratusan masyarakat yang tergabung dalam Persatuan Dayak Wilayah Kayan (Perdawika) menghadiri kegiatan perayaan natal Oikoumene Perdawika yang diselenggarakan di GKE Petra Sintang, Jalan Mujahidin Sintang, Jumat (18/1/2019) malam.

Kehadiran Wabup Askiman didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Ny. Rosinta Askiman dan Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Abdul Syufriadi.

Wabup Askiman dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan kegiatan perayaan natal Oikoumene Perdawika ini dapat menyatukan masyarakat wilayah Kayan untuk saling berbagi kepedulian.

“Semua warga Kayan marilah kita bersatu untuk saling peduli, saling merasakan sentuhan-sentuhan kepedulian antar sesama, apalagi saat ini jumlah masyarakat Kayan yang ada di Kota Sintang itu sekitar 1500 kepala keluarga dengan demikian kita harus bersatu untuk saling peduli dengan sesama,” kata Askiman.

Selain itu juga, sambung Askiman dalam arahannya bahwa kepedulian tersebut menjadi peranan penting dalam kehidupan.

“Kita peduli terhadap yang sedang sakit, kita peduli terhadap yang lemah, kita juga peduli dalam memberikan sumbangan pemikiran, maka dengan hal tersebut semakin mempererat persatuan kita semuanya,” tukasnya.

Perayaan natal Oikoumene Perdawika yang dilaksanakan tahun 2019 ini, jelas Askiman, sungguh memberikan hikmah bagi semuanya.

“Bagaimana kita merasakan sebagai orang yang berhikmah, menjadi orang yang penuh kebaikan, penuh dengan kemurahan hati, penuh dengan sentuhan kasih sayang terhadap sesama, hal tersebut juga mencerminkan sikap teladan Yesus Kristus yang begitu mulia,” imbuhnya.

Orang nomor dua di Bumi Senentang ini menambahkan bahwa saling menjaga keharmonisan antar umat beragama maka akan membawa Kabupaten Sintang semakin harmonis.

“Dengan hikmah natal kita dapat rasakan bagi umat Kristiani, di mana hikmah ini kita bisa saling berbagi kasih dengan sesama dan bahkan saling berbagi kasih dengan umat lainnya yang ada di sekitar kita, dengan demikian kita menjadi umat yang harmonis antar umat satu dengan lainnya, hal inilah yang akan membawa Kabupaten Sintang menjadi lebih maju dan harmonis secara bersama-sama,” tambahnya.

Sementara Ketua Umum Persatuan Dayak Wilayah Kayan, Elyakim mengatakan bahwa momentum perayaan natal Oikoumene Perdawika ini memiliki dua semangat seperti Lem dan Peruncing.

“Sebagai warga Kayan, saya mengajak kepada seluruh yang hadir di tempat ini untuk menggelorakan semangat natal ini seperti Lem, yang bermakna untuk merekatkan satu dengan yang lainnya, jadikanlah diri kita sebagai perekat diantara kita yang mampu menjaga komitmen dalam apa yang telah kita laksanakan pada saat ini,” kata Elyakim

“Pada semangat yang kedua yaitu semangat seperti peruncing. Dimana dengan semangat natal kita jadikan seperti peruncing yang bermanfaat sebagai penajam segala sesuatu, dengan memiliki makna agar kita selalu menajamkan rasa kebersamaan, menajamkan rasa saling tolong menolong, menajamkan rasa saling melayani satu dengan lainnya,” timpalnya.

Sebagai penutup, Elyakim menegaskan bahwa Persatuan Dayak Wilayah Kayan ini adalah organisasi kemasyarakatan.

“Perdawika adalah organisasi kemasyarakatan yang didalamnya adalah perhimpunan masyarakat-masyarakat suku Dayak yang ada di wilayah Kayan, baik itu Kayan Hilir dan Kayan Hulu,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan Perayaan Natal Oikoumene Perdawika, Sumadi yang dalam hal ini mewakili Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan natal bersama para Persatuan Dayak Wilayah Kayan ini untuk berkumpul bersama dan meningkatkan keimanan.

“Kita dari keluarga besar berkumpul menjadi satu dalam rangka merayakan natal, sehingga Perdawika Sintang bisa bersatu, dengan demikian kita dapat meningkatkan keimanan kita agar semakin kuat, kegiatan rohani di kalangan masyarakat Kayan,” kata Sumadi.

Adapun sub tema yang diusung pada Natal Perdawika yakni ‘dengan Semangat Natal Perdawika kita tingkatkan semangat persatuan dan solidaritas antar sesama’.

“Jadi sesuai dengan sub tema yang kami usung maka Persatuan Dayak Wilayah Kayan ini dapat berkumpul jadi satu untuk merayakan natal Oikoumene ini di GKE Petra,” tukasnya.

Dalam kegiatan perayaan natal oikoumene Perdawika tersebut dihadiri langsung oleh artis Ibukota Jakarta dan sekaligus penyanyi rohani yaitu Maria Calista. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar

Loading...