Sutarmidji Harap STQH Nasional XXV Bernuansa Sungai Kapuas

KalbarOnline, Pontianak – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalimantan Barat menggelar musyawarah persiapan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XXV tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kota Singkawang dan STQH XXV tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kota Pontianak, tahun 2019 ini.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berharap panitia STQH tingkat nasional yang sudah dibentuk bisa mulai melakukan persiapan dari saat ini. Dirinya berpesan agar dalam kegiatan STQH nasional ke XXV ini bisa memberikan kesan dan bekas tidak hanya bagi peserta, tetapi juga bagi masyarakat Kalbar.

“Kalau perlu kegiatan itu kita buat seunik-uniknya dengan persiapan yang matang agar dalam pelaksanaannya memberikan kesan yang dalam bagi semua pihak. Bila perlu kita buat panggung STQH nasional di tengah Sungai Kapuas dan penonton bisa menontonnya di tepian sungai,” tuturnya usai membuka musyawarah LPTQ Kalbar terkait persiapan STQH XXV tingkat provinsi Kalbar dan nasional di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (17/1/2019).

Baca Juga :  Ketatnya Kendali Pusat, Sutarmidji: Nambah 2 Orang Murid Saja Harus Izin Menteri!

Orang nomor satu di Bumi Tanjungpura ini berkeinginan, kegiatan tersebut bisa memberikan kesan mendalam dengan menggelar pengajian selama tiga hari di titik nol di Tugu Khatulistiwa.

“Kita bayangkan, kita melantunkan ayat suci Al Qur’an di tengah dunia, sehingga mimbar yang ada bisa kita buat dengan bentuk bola dunia dan nantinya setiap apa yang dibangun untuk pelaksanaan kegiatan itu bisa menjadi monumen yang kita kenang bersama, sehingga anggarannya tidak mubazir,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji melanjutkan bahwa STQH direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juni yang dimulai tanggal 29 Juni sampai 9 juli 2019 mendatang. Nantinya akan diadakan di lima titik kegiatan STQH nasional 2019 di Kota Pontianak dengan bernuansa Sungai Kapuas.

“Nanti akan diadakan di area Masjid Jami Sultan Syarif Abdurahman, sedangkan pembukaan akan kita lakukan di alun-alun Sungai Kapuas. Nanti bernuansa sungai kapuas,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan menuturkan bahwa sebagai tuan rumah STQH XXV tingkat Provinsi Kalbar pihaknya akan melakukan berbagai persiapan mulai dari saat ini.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Keluarkan Aturan Masa Jabatan Ketua RT dan RW

Irwan menyatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan mulai dari desain panggung STQH sampai rangkaian kegiatannya. Bahkan, pihaknya telah melibatkan berbagai pihak untuk melakukan persiapan penataan Kota Singkawang, untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

“Rencananya kegiatan STQH tingkat Provinsi Kalbar ini akan dilaksanakan pada bulan April, usai pelaksanaan Pemilu. Kami sebagai tuan rumah, akan mempersiapkan berbagai hal dengan baik agar kegiatan ini memberi kesan bagi semua pihak,” ujarnya usai menghadiri musyawarah LPTQ Kalbar terkait persiapan pelaksanaan kegiatan STQH XXV tingkat provinsi dan nasional di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (17/1/2019).

Irwan menambahkan, dari sisi penginapan, pihaknya sudah membicarakan hal itu kepada pihak PHRI untuk penyediaan hotel dan dipastikan tidak ada masalah. Demikian dengan tempat pelaksanaan, rencananya ada dua tempat yang akan digunakan, yaitu Stadion Kridasana Singkawang dan halaman Singkawang Grand Mall.

“Kita akan melibatkan berbagai pihak, termasuk sekolah untuk mobilisasi drum band dan masa, serta pihak lainnya untuk memeriahkan kegiatan ini, tanpa mengesampingkan dam tetap mengutamakan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam kegiatan itu,” kata Irwan. (*/Fai)

Comment