FAD Sampaikan Suara Anak ke Pemkab Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Belasan pemuda yang tergabung dalam Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Sekadau mendatangi Pemerintah Kabupaten Sekadau, belum lama ini.

Kedatangan para FAD Sekadau ini bermaksud untuk menyerahkan ‘suara anak’ dari FAD kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau terkait dengan indikator Kabupaten Layak Anak (KLA).

Suara anak tersebut disusun dalam kegiatan konsultasi Forum Anak Daerah bersama dengan FAD Sintang dan FAD Melawi pada Desember 2018 lalu, yang didanai Uni Eropa melalui Wahana Visi Indonesia.

Suara anak yang disusun ini kemudian disampaikan kepada Bappeda Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan Dinas Sosial PPPA pada 14 Januari 2019 lalu.

Baca Juga :  Wanita Paruh Baya di Sekadau Tewas Gantung Diri di Pohon Kakao

Adapun yang menjadi masukan forum anak ini, terkait implementasi 24 indikator KLA, antara lain masih ada iklan rokok di lingkungan sekolah. Diharapkan iklan tersebut diganti, perlu ada peraturan pemerintah terkait dengan pernikahan usia anak hingga terkait jam anak di warnet yang dinilai perlu dibatasi dan banyak lagi hal lainnya yang menjadi masukan.

Menanggapi masukan FAD, Kabid Sosbud Bappeda Litbang Sekadau, Mirza. S mengaku bangga dengan masukan-masukan yang disampaikan oleh forum anak tersebut.

Baca Juga :  Lagi, Laka Lantas Dump Truck vs Sepeda Motor di Sekadau Telan Korban Jiwa

“Salut dan bangga sekali, anak-anak forum sekarang bahkan sudah sampai memikirkan ke desa dan kecamatan. Masukan berharga dari anak-anak akan kami tindaklanjuti ke Dinas teknis terkait dan perwakilan FAD akan kami libatkan dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah KLA kedepannya,” ujarnya.

Sementara Elsa Satyaningsih selaku Sekertaris Dinsos PPPA juga turut menanggapi. Ia berharap forum anak terus dilibatkan dalam Musrenbang Kabupaten dan kecamatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Terpantau sebanyak 12 anggota Forum Anak Daerah hadir dalam kesempatan itu. Turut juga hadir jajaran Bappeda Litbang, Dinsos PPPA dan WVI Sekadau. (Mus)

Comment