Lantik 193 Pejabat Struktural, Martin Rantan : Kerja Maksimal dan Berikan Pelayanan Terbaik

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar acara pelantikan terhadap 193 pejabat struktural yang terdiri dari 67 orang eselon III dan 126 orang eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang. Pelantikan berlangsung di Pendopo Bupati Ketapang, Jumat (11/1/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan pelantikan yang dilakukan pemerintah ini merupakan upaya penyegaran melalui promosi dan rotasi serta implementasi dari penyederhanaan organisasi perangkat daerah dalam rangka penataan dan pemenuhan formasi jabatan.

“Atas nama daerah dan pribadi saya sampaikan selamat kepada semua yang dilantik, jabatan baru yang diemban ini merupakan sebuah amanah dan bentuk kepercayaan yang harus dijaga serta dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” katanya.

Martin Rantan mengatakan bahwa pelantikan yang dilakukan tentunya diharapkan dapat mewujudkan optimalnya kinerja Pemda dalam memenuhi harapan masyarakat yang terus berkembang saat ini. Iapun berharap apa yang diemban tentunya harus menjadi motivasi kepada semua pihak dalam mengabdikan diri selaku ASN.

Baca Juga :  Jaga Iklim Investasi, Kapolda Kalbar Tinjau Wilayah Tambang di Ketapang

“Bekerjalah maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Ketapang,” pintanya.

Kabupaten Ketapang, lanjutnya, memerlukan aparatur pemerintahan yang mau bekerja keras, bersinergi dengan masyarakat untuk melakukan percepatan pelaksanaan program yang telah direncanakan, sehingga rotasi, mutasi maupun promosi jabatan merupakan bagian dari dinamisasi, proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan personil dalam orgniasasi birokrasi.

“Ini akan selalu ada selama kebutuhan dan situasi organisasi menghendakinya, sehingga ini dapat kita lihat dan tanggapi secara wajar. Apalagi parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan yakni melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan, pelatihan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawabnya,” tegasnya.

Ia menjelaskan, pada hari ini juga dilakukan pelantikan terhadap beberapa Camat yang mana menurutunya, para Camat memiliki peran strategis dalam mendorong kemajuan suatu daerah karena Camat mengetahui segala potensi yang ada di Kecamatan tempatnya bertugas.

Baca Juga :  Polisi Cokok Seorang Pemuda di Air Upas : Diduga Pengedar Sabu

Sehingga, kata dia, tak hanya harus mampu melayani masyarakat dengan sebaik mungkin, Camat juga harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan, mensinkronisasi program kerja dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta, serta harus juga membangun sinergitas dengan pihak terkait baik Polri, TNI, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama dalam menjaga ketentraman dan ketertiban di wilayah kerja masing-masing.

“Camat tidak hanya dituntut menyelesaikan urusan administrasi saja tetapi harus peka dan mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat. Camat bukan untuk dilayani melainkan melayani masyarakat dalam keadaan apapun,” tegasnya.

Dirinya juga meminta agar semua pihak dapat sesegera mungkin beradaptasi dengan tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing serta segera membangun koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang efektir secara berjenjang serta tingkatkan motivasi dan semangat kerja sehingga tugas-tugas yang telah diamanahkan dapat dilaksanakan dengan baik. (Adi LC)

Comment