Hidupkan Tradisi dan Jalin Silaturrahmi Melalui Maulid Tradisional

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Taklim Albarzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau kembali menggelar maulid tradisional. Kali ini perayaan peringatan hari lahir Nabi Muhammad oleh MTAMT Sekadau ini dipusatkan di Masjid Nurul Hidayah Dusun Nanga Gonis, Desa Merapi, Sekadau Hilir, Minggu (6/1/2018).

Dalam waktu bersamaan maulid tradisional di Sekadau dilaksanakan di tiga tempat berbeda yang terbagi di zona 1, 2 dan 3 yakni selain di Dusun Nanga Gonis, Desa Merapi. Juga digelar di Desa Cupang Gading dan daerah Sekambang Kecamatan Nanga Taman.

Salah seorang pengurus MTAMT Sekadau, Rosli, S.Pd.I menuturkan bahwa Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati di Kabupaten Sekadau merupakan maulid secara tradisional yang sudah di bentuk payung hukumnya dengan nama Majelis Taklim Albarzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Sekadau.

“Yang dalam pelaksanakannya berlangsung selama empat bulan yaitu dari bulan Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Zumadil Awal dan ZumadilAkhir. Telah dijadwalkan di setiap Mesjid dan Surau secara bergiliran. Dilihat dari caranya, hanya di Kabupaten Sekadau yang menghidupkan maulid tradisional ini yang dilaksanakan selama 4 bulan lamanya di Kabupaten Sekadau dari zona 1, zona 2 dan zona 3,” tukasnya.

“Tujuannya untuk menghidupkan tradisi orang Islam sekaligus ajang menjalin silaturrahmi antara umat Muslim yang tadinya belum pernah bersilaturrahmi ke masjid yang ada di Kabupaten Sekadau,” kata Rosli.

Rosli menuturkan dengan adanya MTAMT ini, maka setiap masjid yang ada di Kabupaten Sekadau baik di kota bahkan sampai ke pelosok desa dapat saling bersilaturrahmi. (Mus)

Tinggalkan Komentar