Sutarmidji Lantik Syarif Kamaruzaman Sebagai Pj Sekda Kalbar

Minta Tiga Bulan Kedepan Sudah Definitif

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji secara resmi melantik Syarif Kamaruzaman sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Barat. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pj Sekda Kalbar ini dilangsungkan di ruang Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (31/12/2018).

Dalam sambutannya, Sutarmidji meminta Pj Sekda yang baru dilantik segera membentuk tim panitia seleksi (Pansel) dan mempersiapkan segala hal yang diperlukan.

“Saya harap tiga bulan kedepan sudah ada Sekda definitif. Jadi tugas Pak Syarif Kamaruzaman segera bentuk pansel dan persiapkan seluruh proses seleksi,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Tanjungpura ini juga berharap, Syarif Kamaruzaman segera mempersiapkan proses open bidding jabatan tinggi pratama dalam satu bulan kedepan.

“Ada 11 jabatan eselon II yang akan dilakukan open bidding dan itu harus selesai paling lama satu bulan kedepan. Dalam bulan Januari saya harap itu bisa selesai dan Februari sudah dilantik,” tukasnya.

Baca Juga :  Sekda Harisson Harapkan Jemaah Haji Kalbar Terus Istikamah Dalam Beribadah dan Beramal Saleh

Karena, lanjutnya, cukup banyak posisi yang harus diisi. Dan open bidding ini, lanjut Midji, terbuka untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) sepanjang memenuhi syarat.

“Kalau perlu semua Sekda yang ada di daerah tingkat II yang sudah memenuhi syarat, boleh ikut. Saya bisa menerima siapapun yang lulus dari tes atau open bidding. Yang terpilih adalah yang memperoleh nilai tertinggi,” tukasnya.

Sutarmidji juga memastikan pihaknya tak akan melakukan intervensi apapun dalam proses open bidding bahkan tak ingin berurusan langsung sehingga seluruh peserta yang mengikuti open bidding dapat melaksanakan ujian tanpa beban.

“Jangan khawatir semua sesuai nilai dan saya pasti tidak akan mau ikut campur. Bahkan kemarin ketika pemilihan Direktur BPD, saya tak mau campur sedikitpun. Bahkan ketemu pun saya tak mau,” tukasnya.

“Tapi saya pesan, jangan sampai ada yang menyampaikan CV (daftar riwayat hidup) ke saya. Itu akan saya sampaikan ke panitia untuk tidak diluluskan. Semuanya ikuti saja ujian sesuai kemampuan,” tegasnya.

Baca Juga :  Perkuat Jaringan Internet, Midji – Norsan Akan Kembangkan Pendidikan Berbasis Internet

Sutarmidji juga mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera menyelesaikan laporan keuangan.

“Kalau laporan keuangannya ketika diaudit banyak hal, saya akan berlaku objektif sesuai fakta integritas yang kita tandatangani dan saya tak akan bebani semuanya (Kepala SKPD) dengan anggaran yang diterima,” tegasnya.

“Uang di SKPD untuk apa saja harus transparan dan target kinerja harus dicapai. Karena bagaimanapun masyarakat akan melihat masa pemerintahan kita. Tinggalkanlah segala sesuatu atau amanah yang kita emban itu menjadi kenangan indah bagi masyarakat yang kita pimpin,” pungkasnya.

Seperti diketahui bahwa Syarif Kamaruzaman sebelumnya merupakan Plh Sekda yang ditunjuk oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Dody Riyadmadji yang kala itu Sekda definitif yakni M Zeet Hamdy Assovie menjalani cuti beberapa hari sebelum Sutarmidji dan Ria Norsan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih pada 5 September 2018 lalu. Turut hadir dalam pelantikan Pj Sekda ini, seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Kapolda Kalbar, Kepala Bank Indonesia serta unsur Forkopimda Kalbar lainnya. (Fat)

Comment