by

Peringatan Hari Perkebunan ke-61, Pemkab Sintang Perkuat Pengembangan Komunitas Berkelanjutan

KalbarOnline, Sintang – Dalam rangka Peringatan Hari Perkebunan ke-61, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang menggelar Workshop dengan tema ‘Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan’ sebagai upaya pengembangan komunitas berkelanjutan di My Home Hotel Sintang, Kamis, (20/12/2018) pagi.

Turut hadir Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Bidang Administrasi Umum, Drs. Marchues Afen, M.Si sekaligus membuka kegiatan mewakili Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Marchues Afen dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Sintang apabila dicermati masih memiliki wilayah luas yang cukup berpotensi besar untuk mengembangkan perkebunan yang berdampak positif  dalam perkembangan perekonomian di pedesaan.

“Untuk mengeliminir dampak negatif perkebunan di wilayah Kabupaten Sintang, diharapkan dalam pengelolaan perkebunan tetap memperhatikan aspek sosial, lingkungan, budaya dan hukum menuju pembangunan perkebunan berkelanjutan di daerah ini,” tegasnya.

Selain itu, Afen juga menjelaskan penguatan koperasi perkebunan dan kemitraan perkebunan dengan perusahaan  perkebunan dan percepatan penguatan produksi pasar sangat diperlukan dalam reformasi perkebunan di Kabupaten Sintang.

“Untuk itu saya mengimbau baik perusahaan perkebunan serta para petani untuk terus meningkatkan kualitas hasil perkebunannya baik kelapa sawit, karet dan lada yang sangat berpotensi di daerah kita ini,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Ir. Veronika Ancili, M.Si mengatakan bahwa terselengaranya workshop ini dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Sintang dan seluruh perusahaan perkebunan serta WWF, NGO dan SOCS.

Pada workshop ini selain dihadiri Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Bidang Administrasi Umum, Marchues Afen, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Ir. Veronika Ancili, M.Si juga dihadiri Pejabat Direktorat Jenderal Perkebunan RI, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, para Pimpinan OPD Pemkab Sintang, Camat, para Pimpinan Perusahaan, Perkebunan, Asosiasi Perkebunan yang ada di Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment

Terbaru