Dinkes Ketapang Persiapkan Stok Vaksin Anti Rabies

KalbarOnline, Ketapang – Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Drg. Basaria Raja Gukguk menegaskan bahwa stok Vaksin Anti Rabies (VAR) di tempatnya saat ini telah mencukupi.

“Stok vaksin sampai saat ini masih ready di Dinkes, bila di Puskesmas habis bisa minta sesuai prosedur nantinya,” terang Basaria saat dikonfirmasi, Jumat (21/12/2018).

Basaria juga mengatakan, bahwa semua kasus gigitan anjing yang dilaporkan ke pihaknya sudah diberikan vaksin VAR, atau penanganan cepat sebelum diberi VAR dengan pembersihan luka dengan antiseptik atau sabun menggunakan air mengalir. Dinkes Ketapang juga telah melakukan penyuluhan melalui Puskesmas ke Masyarakat yang endemis gigitan anjing. 

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Salurkan 22.600 Dosis Vaksin Rabies

“Dan untuk kasus yang positif rabies, pada gigitan baru pasien akan diberikan SAR (Serum Anti Rabies) dan itupun selama persediaan masih tersedia. Karena untuk SAR sendiri mesti dikirim dulu dari Provinsi,” katanya.

Baca Juga :  Disiplinkan Warga, Jajaran Polres Ketapang Bersama Forkopimda Gelar Kampanye Wajib Pakai Masker

Ia juga mengingatkan, bahwa selain korban gigitan anjing, manusia yang berkontak dengan penderita gigitan anjing juga harus melakukan VAR.

“Jadi misalkan orangtua ataupun tetangga yang pernah melakukan kontak dengan si pasien setelah digigit itu mesti kita VAR juga. Dikhawatirkan jika tidak di VAR akan menular,” tandasnya. (Adi LC)

Comment