Bupati Rupinus : Rayakan Natal Dengan Kesederhaaan Utamakan Ibadah dan Silaturahmi

Safari Natal Bupati dan Wakil Sekadau Hari ke-6

KalbarOnline, Sekadau – Safari Natal Pemerintah Kabupaten Sekadau yang dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Sekadau tahun 2018 tak terasa sudah hampir selesai.

Enam dari tujuh kecamatan di Kabupaten Sekadau sudah selesai dikeliling oleh rombongan safari natal Bupati dan Wakil Bupati Sekadau selama kurang lebih dua minggu di bulan Desember 2018 ini.

Enam kecamatan yang sudah dikunjungi dalam safari natal itu antara lain Kecamatan Belitang Hulu, Kecamatan Nanga Mahap, Kecamatan Nanga Taman, Kecamatan Belitang, Kecamatan Belitang Hilir dan Kecamatan Sekadau Hulu seperti yang dilaksanakan oleh Bupati, Wakil Bupati dan rombongan hari ke-6, Rabu (19/12/2018).

Safari Natal Bupati dan Wakil Bupati Sekadau hari ke-6 di Kecamatan Sekadau Hulu dilaksanakan di Gereja Katolik Santa Maria Bunda Allah Sungai Sambang. Safari Natal Bupati Sekadau di Sungai Sambang berjalan cukup ramai dan meriah. Rombongan Bupati disambut antusias oleh masyarakat Desa Sungai Sambang yang terdiri dari umat katolik, umat kristen dan umat Islam.

Kedatangan Bupati, Wakil Bupati dan rombongan disambut dengan tarian adat, pancong buluh muda, injak telur.

Baca Juga :  Pimpin Safari Ramadhan di Sekadau Hilir, Bupati Rupinus : Perteguh Kesabaran dan Jaga Kerukunan

Bupati dan Wakil Bupati juga dikenakan pakaian adat dayak setempat yang terbuat dari kulit kayu. Keduanya juga oleh masayarakat Sungai Sambang diberikan tanggui penutup kepala supaya tidak terkena panas terik matahari. Satu persatu masyarakat yang membentuk barisan disalimi oleh Bupati, Wakil Bupati dan rombongan. Terakhir dalam acara penyambutan itu Bupati, Wakil Bupati dan rombongan disuguhkan dengan minuman tradisi masyarakat setempat yakni minuman tuak.

Turut hadir pula mendampingi keduanya, mantan Bupati Sekadau dua periode, Simon Petrus, S.Sos., M.Si, Ketua DPRD Sekadau, Albertus Pinus, S.Sos., MH, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau, Rupinus, S.Sos., M.Si menyampaikan imbauan kepada masyarakat Sekadau khusus masyarakat Desa Sungai Sambang yang akan merayakan Natal agar merayakan natal dengan kesederhanaa, utamakan ibadah dan perbanyak silaturahmi, saling mengunjungi, bersalam-salaman, bermaaf-maafan dan saling mengucapkan selamat Natal kepada saudara-saudari yang merayakan natal.

“Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada masyarakat, situasi kita sangat sulit, ekonomi kita sulit, harga-harga produksi, hasil petani kita, sawit, karet anjlok. Saya berharap dan kita semua berharap rayakan natal secara sederhana, tidak usah berlebihan sesuai kemampuan saja, yang penting kita ibadah, kita sembayang sesuai jadwal, silaturahmi, saling mengunjungi, bersalam-salaman, bermaaf-maafan, mengucapkan selamat, itu yang lebih penting, maknai natal dalam kehidupan kita, dari pada hal-hal yang sifatnya duniawi, tapi kalau mampu silahkan,” imbau orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini.

Baca Juga :  Dinilai Berprestasi, Kecamatan Belitang Diganjar Penghargaan PATEN Award Oleh Bupati

Dalam sambutannya itu juga Bupati Rupinus memberikan apreasiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Sungai Sambang yang telah menjalin kebersamaan dan toleransi yang kuat.

“Sungai Sambang ini Pancasilanya Sekadau Hulu, miniaturnya toleransi Sekadau Hulu. Karena penduduknya terdiri dari agama Katolik, Protestan dan Islam. Tapi masyarakatnya akur, tidak pernah berkelahi. Oleh karena itu kami dari jajaran dari pemerintah daerah mengucapkan terima kasiih kepada masyarakat yang selama ini sudah menjalin kebersamaan dan rasa toleransi,” tukasnya.

Bupati juga menjelaskan tujuan safari natal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau setiap tahunnya ini adalah pemerintah daerah bersama jajaran, Forkopimda, bersama tokoh masyarakat ingin datang mengunjungi umat kristiani yang akan merayakan natal, sekaligus ingin melakukan silaturahmi dengan masyarakat menjelang hari raya natal.

“Pemerintah daerah bersama jajaran, Forkopimda bersama tokoh masyarakat ingin datang ke tempat bapak ibu ingin memotivasi dan mengajak bapak ibu bagaimana kita nanti memperisapkan dan merayakan natal, karena kita saling mengingatkan, jangan sampai kita lupa dengan hari raya,” pungkasnya. (Mus)

Comment