Pengurus Wilayah DMI Kalbar 2018-2023 Resmi Dilantik

Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjem Pol Syafruddin foto bersama usai melantikan pengurus wilayah DMI Kalbar 2018-2023
Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjem Pol Syafruddin foto bersama usai melantikan pengurus wilayah DMI Kalbar 2018-2023 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Kalimantan Barat periode 2018-2023 resmi dilantik. Pelantikan yang dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjem Pol Syafruddin ini berlangsung di Qubu Resort Kubu Raya, Selasa (18/12/2018).

Tampak hadir Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Bupati Kubu Raya dan Bupati Mempawah terpilih, Kapolda Kalbar, Kabinda Kalbar, Danlanud Supadio, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat dan Rektor Universitas Tanjungpura.

Dalam sambutannya, Ketua PW DMI Kalbar, Ria Norsan berjanji akan melakukan berbagai terobosan baru selama memimpin DMI. Beberapa program unggulan seperti peningkatan pembinaan sumber daya masjid, perbaikan terhadap artistik masjid dan pembuatan basis data serta digitalisasi masjid.

“Program unggulan adalah meningkatkan pembinaan sumber daya masjid, mewujudkan masjid percontohan, mewujudkan masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat, memperbaiki artistik masjid, membuat data base dan digitalisasi masjid dan meningkatkan kebersihan lingkungan masjid,” ujarnya.

Ria Norsan yang merupakan Wakil Gubernur Kalbar ini menyatakan selain program-program unggulan tersebut, DMI Kalbar lanjut Norsan, juga akan terus melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap imam dan khatib masjid.

Orang nomor dua di Bumi Tanjungpura ini memastikan setiap imam dan khatib masjid di setiap kabupaten/kota di Kalimantan Barat secara bertahap akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan.

“Dewan masjid juga nantinya akan melakukan pelatihan dan pembinaan kepada khotib dan imam masjid secara bertahap di setiap kabupaten/kota se-Kalimantan Barat,” ucapnya.

Menurut mantan Bupati Mempawah dua periode ini, mengemban jabatan sebagai Ketua DMI Kalbar merupakan amanah besar yang tidak bisa ia kerjakan seorang diri. Oleh karena itu, Norsan meminta seluruh pengurus DMI Kalbar untuk turut berkontribusi maksimal dalam memajukan masjid di Kalimantan Barat.

“Saya tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari bapak ibu sekalian. Setelah kita dilantik ini, mari kita niatkan, kita sedekahkan tenaga dan pikiran kita untuk umat dalam memajukan masjid. Inilah yang Insya Allah menjadi ladang amal kita di kemudian hari,” pungkasnya.

Kepengurusan PW DMI Kalbar yang resmi dilantik ini merupakan hasil dari Musyawarah Wilayah (Muswil) DMI Kalbar yang berlangsung pada 5-6 Oktober 2018 lalu. Muswil yang dilaksanakan di Pontianak itu pun menetapkan Ria Norsan sebagai Ketua Umum PW DMI Kalbar masa bhakti 2018-2023. (Fai)

Tinggalkan Komentar