by

Peringati Hari Juang Kartika ke-73, Kodim 1203/Ketapang Gelar Lomba Dayung

KalbarOnline, Ketapang – Kodim 1203 Ketapang menggelar lomba dayung sampan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-73 di Sungai Pawan depan Keraton Kerajaan Matan Tanjungpura Ketapang, Sabtu (8/12/2018).

Lomba dayung Dandim Cup tersebut diikuti sebanyak 30 tim dayung dari masing-masing Kecamatan dan anggota TNI serta perwakilan perusahaan dan organisasi se-Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, yang memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Dandim Cup.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Ketapang yang diwakili oleh Kasat Pol PP Ketapang, Muslimin, Pabung Kodim 1203/Ketapang, Mayor Inf. Budi sumarjono, Raja Matan Tanjungpura, Gusti Kamboja, Wakapolres Ketapang, Kompol Pulung Witono, Ketua DPRD Ketapang, Hadi Mulyono Upas serta dari perwakilan dari TNI angkatan Laut dan perwakilan dari DAD Ketapang.

Dandim 1203/Ketapang, Letkol Kav Jami’an dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pabung KKU Kodim 1203 Ketapang Mayor Inf Budi sumarjono mengatakan Kabupaten Ketapang yang memiliki banyak perairan seperti sungai-sungai besar, pantai dan lautan, tentunya harus dimanfaatkan dengan segala aktifitas didalamnya termasuk olahraga air.

“Nenek moyang kita dulu menggunakan sungai sebagai sarana utama dalam tranfortasi dan ini harus kita lestarikan. Sehingga anak cucu kita tidak lupa akan sejarah. Salah satunya dengan mengadakan lomba dayung maka potensi wilayah yang ada di Ketapang ini terlestarikan dan dapat meningkatkan wisata daerah di Ketapang,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya dengan diadakan kegiatan lomba dayung di Sungai Pawan diharapkan dapat berdampak pada dijaga dan dipeliharanya kebersihan dan kelestarian lingkungan di sepanjang aliran Sungai Pawan dan semakin mendekatkan TNI dengan rakyat. Sebagaimana semboyan profesionalisme TNI untuk rakyat, karena rakyat adalah ibu kandung  TNI.

“Pada tanggal 15 desember 2018 nanti, TNI AD akan melaksanakan ulang tahunya yang ke-73. Oleh karena itu pada kesempatan memperingati Hari Juang Kartika ini Kodim 1203/Ketapang menyelenggarakan lomba dayung dengan tujuan salah satunya adalah meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya di Ketapang,” ungkapnya.

Sementara Bupati Ketapang dalam sambutannya yang diwakili oleh Kasat Pol PP Ketapang, Muslimin mengatakan bahwa Pemda Ketapang sangat mendukung kegiatan lomba dayung tersebut dengan harapan agar dapat menjadi ajang mencari bibit-bibit atlet dayung di Ketapang.

“Kepada Dandim 1203/Ketapang dan jajarannya diucapkan terima kasih karena dapat menyelenggarakan lomba dayung pada tahun ini dengan sukses dan kedepannya agar di pertahankan demi melestarikan budaya lokal,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan lomba dayung tersebut tim dayung dari BPK berhasil meraih juara 1 dan mendapatkan piala bergilir Dandim Cup, untuk juara 2 dan 3 diraih oleh tim dayung dari Koramil 12 dan Koramil 05, disusul juara 4 tim dayung dari Koramil 08, juara 5 tim dayung PT. KAL dan terakhir juara 6 didapat oleh tim dayung dari Koramil 10. (Adi LC)

Comment

News Feed