Hari Pertama Binlat Polri, 37 Pelajar Ikuti Tes Rikkes di Polres Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Sebanyak 37 pelajar SMA sederajat mengikuti tes pemeriksaan kesehatan (Rikkes) awal pembinaan dan pelatihan (Binlat) Rekrutmen Anggota Polri tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan di Polres Sekadau, Sabtu (8/12/2018) pagi.

37 pelajar yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 11 orang perempuan ini merupakan peserta Binlat Rekrutmen Anggota Polri TA 2019 yang berasal dari SMA di Sekadau.

Kegiatan Binlat dan Rikkes diselenggarakan langsung oleh Bagian Sumberdaya (Bag Sumda) Polres Sekadau dengan melibatkan tim pemeriksa dari Dokter Mitra Polres Sekadau.

Baca Juga :  Peranan Pers Dalam Pemilu, Ketua IWAS Sebut Tanpa Pers Akan Sia-sia, Apa Alasannya?

Kabag Sumda Polres Sekadau, AKP K. Purba selaku ketua panitia mengatakan bahwa Binlat dan Rikkes ini diselenggarakan untuk mempermudah para calon anggota Polri yang nantinya akan mendaftar.

“Dari sini mereka mengetahui kondisi fisik terkait dengan kesehatan tubuhnya masing-masing dengan harapan jika ada kekurangan maka harus segera dibenahi atau diperbaiki,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kabag Sumda menjelaskan, kegiatan Binlat dan Rikkes sebagai bentuk upaya memperkenalkan mekanisme dalam proses seleksi juga untuk monitoring kondisi fisik para anggota Polri.

Selain di Polres Sekadau, pelaksanaan Binlat juga dilakukan di Polsek jajaran dengan mengikuti jadwal yang sudah Polsek agendakan.

Baca Juga :  Jalan Nasional di Sekadau Sudah Mulai Diperbaiki, Bupati: Terima Kasih Pemprov Kalbar

Rangkaian tes yang dilaksanakan meliputi pengukuran tinggi badan serta berat badan, kebersihan kulit dan THT (Telinga Hidung Tenggorokan).

Selain itu juga dilakukan tes kesehatan mata termasuk tes buta warna, gigi, bentuk kaki X dan O, serta Varises serta tes nadi permenit.

AKP Purba juga menginformasikan hasil tes Rikkes akan diumumkan pada Minggu (9/12/2018) di Polres Sekadau.

“Bagi peserta yang lulus akan mengikuti kegiatan binlat selanjutnya. Sebaliknya peserta yang gugur tidak bisa mengikuti,” terang Kabag Sumda.

Diinformasikan juga pada Senin (10/12/2018) peserta Binlat Polri akan mengikuti tes Jasmani. (Mus)

Comment