Kinerja Polda Kalbar Dinilai Baik Masyarakat

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menerima hasil survei yang diserahkan oleh Ketua Tim Survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalbar terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh Polda Kalbar, Dr Herry Sujaini
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menerima hasil survei yang diserahkan oleh Ketua Tim Survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalbar terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh Polda Kalbar, Dr Herry Sujaini (Foto: Polda Kalbar)

KalbarOnline, Pontianak – Tantangan kedepan begitu berat bagi jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Hal ini lantaran masyarakat Kalbar percaya kepada pihak Kepolisian dalam berbagai hal. Tentu ini menjadi tantangan bagi jajaran Polda Kalbar untuk terus meningkatkan kinerja.

Komitmen menuju perbuahan adalah hal mutlak. Sebab, menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum adalah sebuah keharusan jajaran Kepolisian.

Belum lama ini, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, melakukan survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalbar terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh Polda Kalbar. Dari hasil survei ini, Polda Kalbar dinilai baik dalam setiap aspek.

Ketua tim survei yang juga merupakan Kepala UPT TIK Untan, Dr. Herry Sujaini, ST., MT memaparkan berdasarkan survei indeks kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polda Kalbar tahun 2018 dinilai dari empat aspek yaitu aspek penegakkan hukum, aspek pemeliharaan kamtibmas, aspek pelayanan publik dan aspek pelayanan masyarakat.

“Adapun hasilnya, dalam aspek penegakan hukum persentasenya sebesar 77,79 persen yang mana hasilnya baik. Aspek pemeliharaan kamtibmas persentasenya sebesar 76,19 persen juga baik. Aspek pelayanan publik adalah 78,50 persen juga baik dan aspek kepercayaan masyarakat adalah 79,53 persen juga Baik. Dengan rata-rata penilaian dari setiap aspek persentasenya adalah 77,61 persen dengan nilai baik,” papar Dr. Herry Sujaini dalam diseminasi survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh Polda Kalbar, Rabu (5/12/2018).

Ia menjelaskan bahwa survei kepuasan dan kepercayaan masyarakat ini adalah kegiatan riset yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura Pontianak yang didasari atas keingintahuan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, SH., MH terhadap hasil kinerjanya bersama jajaran.

“Universitas Tanjungpura dipilih oleh Kapolda Kalbar untuk melakukan riset ini. Survei ini adalah kegiatan riset atau penelitian, yang didasari dengan keingintahuan Bapak Kapolda terhadap hasil kinerja beliau dan jajarannya,” jelasnya.

Sementara Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono berujar bahwa hasil riset Untan Pontianak dapat dijadikan pola belajar bersama.

Tak hanya itu, Jenderal bintang dua ini juga menyambut baik dan mengapresiasi atas kegiatan survei kepuasan masyarakat Kalimantan Barat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada Kepolisian Daerah Kalimantan Barat.

“Survei ini dapat dijadikan referensi serta sumber informasi dan acuan bagi kepala kesatuan di tingkat Polres dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi,” tuturnya.

Kapolda menjelaskan bahwa pengukuran survei kepuasan masyarakat ini dilaksanakan untuk mengetahui kinerja aparatur di Polda Kalbar dan Polresta/Polres jajaran Polda Kalbar dalam rangka pelayanan publik yang berkualitas.

Selain itu dapat diketahui pula tingkat kepuasan pelayanan melalui hasil pendapat dan penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas yang ada di Polda Kalbar dan Polresta/Polres jajaran.

“Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan inisiasi Polda Kalimantan Barat dengan menggandeng kemitraan yaitu tim dosen dari Universitas Tanjungpura yang telah memiliki kredibilitas di bidang akademis,” jelasnya lagi.

Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah tersedianya data dan informasi tentang persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas di lingkungan Polda Kalimantan Barat dan Polresta jajaran Polda Kalbar yang dilaksanakan oleh aparatur di tiap unit kerja.

“Selaku pimpinan Polda, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para peneliti yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh. Semoga hal ini dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan serta bermanfaat bagi semua pihak,” imbuhnya.

Terkait hasil survei ini pihak Kepolisian, ditegaskan Didi, akan menerima dengan baik apapun hasil yang diberikan demi kebaikan instansi Kepolisian kedepannya.

Turut hadir Wakil Rektor 1 Universitas Tanjungpura, Dr. Aswandi, para pejabat utama Polda Kalbar, para mahasiswa Universitas Tanjungpura serta tamu undangan. (*/Fai)

Tinggalkan Komentar